Gejala dan Penyebab Shockbreaker Belakang Motor Bocor, Apa Saja?

Gejala dan Penyebab Shockbreaker Belakang Motor Bocor, Apa Saja?
Sabtu, 17 Juni 2023 15:00
Nabiel Giebran El Ri

Masalah yang sering ditemui pada shockbreaker belakang motor adalah bocornya bagian seal karet. Jika sudah mengalami kebocoran, oli shockbreaker akan meluber kemana-mana yang mengakibatkan pengendalian motor jadi terasa kurang nyaman.

Ciri ketika shockbreaker belakang mengalami kebocoran adalah rebound atau ayunan baliknya menjadi lebih banyak. Sehingga, motor akan terasa memantul, sebab yang berfungsi hanya pegasnya saja.

   Baca Juga: Ban Tubeless Motor Sudah Banyak Tambalan, Masih Layak Pakai?

Selain bisa dirasakan saat berkendara, cara mengetahui shockbreaker yang bocor juga bisa dilihat langsung. Perhatikan area sekitar shockbreaker apakah ada oli atau tidak yang keluar.

Penyebab shockbreaker belakang motor bocor itu biasanya karena seal karet yang ada di dekat batang as sudah getas. "Biasanya karena ada debu yang masuk ke dalam sela-sela as shockbreaker. Partikel debu tersebut bisa merusak seal ketika shockbreaker sedang bekerja," ungkap Andi, salah satu Mekanik Suba Motor, Bojong Gede. 

Perawatan sokbreker

   Baca Juga: Dijual Rp 330 Jutaan, Ini Detail Spesifikasi Honda New XL750 TRANSALP

Shockbreaker bocor sebenarnya masih bisa untuk diperbaiki, khususnya pada jenis motor sport yang memiliki batang as sok besar. Cara memperbaikinya cukup dengan mengganti seal yang ada di dalam tabung sambil mengecek kondisi as dan mengisi ulang oli.

Trik ini merupakan salah satu cara mudah dan murah untuk mengatasi shockbreaker belakang motor yang bocor. Pasalnya, harga satu set shockbreaker belakang sendiri umumnya cukup menguras kantong.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.