Ban Tubeless Motor Sudah Banyak Tambalan, Masih Layak Pakai?

Ban Tubeless Motor Sudah Banyak Tambalan, Masih Layak Pakai?
Rabu, 14 Juni 2023 16:35
Nabiel Giebran El Ri

Ban motor yang dijual di pasaran saat ini terbagi menjadi dua tipe, yaitu tube type dan tubeless. Tube type adalah jenis ban dengan lapisan dalam, sedangkan untuk tubeless merupakan ban tanpa lapisan dalam.

Ban berjenis tubeless ini umumnya lebih kuat jika dibanding dengan ban tube type, karena tidak perlu memakai ban dalam. Selain itu, ban tubeless tidak mudah kempis ketika terkena benda tajam seperti paku. Namun, ban jenis ini tetap harus ditambal ya.

   Baca Juga: Jangan Asal Pasang! Ini Efek Pakai Leher Knalpot Racing Terlalu Besar

Perbedaan Ban Tubeless dan Tube

   Baca Juga: Jangan Anggap Sepele! Ini Penyebab Standar Tengah Motor Rusak

Nah, jika ban tubeless sudah banyak tambalannya, apakah masih layak dipakai? "Kalau ban tubeless yang sudah terlalu banyak ditambal, sebaiknya harus segera diganti," ucap Haris, salah satu pegawai Planet Ban Talang, Bogor.

Karena ban tubeless pada umumnya ditambal pada bagian luar ban, sehingga karet penambal akan lebih rentan aus karena proses perputaran ban. 

"Ban tubeless tersebut masa pakainya menjadi berkurang, karena ditakutkan bagian-bagian yang sudah ditambal itu bisa bocor lagi," terang Haris.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.