Hal Ini Bikin Tak Semua Pelek Jari-Jari Motor Bisa Pakai Ban Tubeless

Hal Ini Bikin Tak Semua Pelek Jari-Jari Motor Bisa Pakai Ban Tubeless
Kamis, 9 Februari 2023 15:00
Benny Averdi

Salah satu temuan yang bermanfaat bagi pengguna kendaraan adalah adanya ban tubeless alias tanpa 'ban dalam'. Ban ini tidak akan langsung kempis meski ada kebocoran akibat tertusuk benda tajam seperti paku.

Dibandingkan ban yang menggunakan 'ban dalam' atau tube type, jika terkena benda tajam bisa meledak karena lubang yang membuatnya bocor langsung mengoyak karet berisi angin tersebut.

   Baca Juga: Tips Merawat Side Bag Motor Biar Tetap Awet

Jika sebelumnya pengguna ban tubeless harus menggunakan pelek alloy atau kerap disebut pelek racing, saat ini sudah ada yang menawarkan pelek jari-jari dengan ban tubeless. Namun, ternyata tidak semua pelek jari-jari bisa digunakan untuk ban tubeless.

Kawasaki KLX230 2022

"Pelek dengan lebar tertentu saja yang bisa dibuat untuk ban tubeless. Minimal ukuran lebar 1,40, supaya ban aman terpasang. Kalau terlalu sempit, akan merepotkan saat pemasangannya," ujar Eko Suryana, Pemilik Eko Ban di Jalan Pajajaran, Pamulang Barat, Pamulang, Tangerang Selatan.

   Baca Juga: Kawasaki New KLX150 Punya 3 Varian, Ini Bedanya

Ia menambahkan, tak hanya lebar pelek saja yang harus diperhatikan, tetapi lengkungan tengah pelek jari-jari pun harus dilihat. "Kalau terlalu melengkung, tidak bisa. Karena pentilnya tidak akan rapat, meski menggunakan sil karet," ujar Eko.

Jadi, selain lebar pelek yang mumpuni, juga posisi pentil berada di permukaan yang rata. Sehingga, tidak semua pelek jari-jari bisa digunakan untuk ban tubeless.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.