Tips Meminimalisir Biaya Konversi Motor Listrik

Tips Meminimalisir Biaya Konversi Motor Listrik
Senin, 6 Februari 2023 08:00
Ruslan Abdul Gani

Pemerintah saat ini terus mendorong program elektrifikasi, salah satunya dengan mendukung konversi motor bensin ke listrik. Hal itu dilakukan sebagai upaya menekan emisi yang dihasilkan kendaraan bensin.

Kini sudah ada beberapa bengkel yang menerima konversi motor listrik. Namun, banyak yang mengeluhkan soal biayanya masih relatif tinggi. Lantas, adakah cara meminimalisir biaya saat ingin konversi motor listrik?

   Baca Juga: Februari 2023, Berikut Harga Baru Honda BeAT, Genio, dan Scoopy

Tips Minimalisir Biaya Konversi Motor Listrik

Arif selaku Kepala Teknisi Petrik Bike, bengkel spesial konversi motor listrik menjelaskan untuk meminimalisir budget saat konversi dengan cara melihat kebutuhan motornya. "Kalau kebutuhannya ingin digunakan perjalanan dekat saja itu bisa minim budgetnya," ujar Arif saat ditemui OtoRider di Pondok Gede, Jawa Barat.

Arif mengatakan biaya yang paling mahal dari konversi motor listrik itu ialah baterai. "Semakin kapasitas baterainya besar, maka semakin mahal. Kapasitas baterai yang lebih besar itu mampu menempuh jarak yang lebih jauh," kata Arif.

Tips Minimalisir Biaya Konversi Motor Listrik

   Baca Juga: Merek Motor Listrik Anyar Bakal Luncurkan Produk di IIMS 2023

Jadi, kalau ingin meminimalisir budget saat konversi motor listrik, bisa dengan cara mengurangi kapasitas baterai. "Baterai saat ini memang masih menjadi kendala karena harganya yang relatif mahal, apalagi jenis lithium. Kalau mau murah bisa pakai baterai yang biasa dipakai di kendaraan bensin atau accu," jelasnya.

Namun, kalau pakai accu atau aki usia pakainya lebih singkat. "Jenis baterai lithium biasanya usia pakainya atau life time-nya itu bisa sampai 3 tahunan, sedangkan aki paling 1 tahun," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.