Ingin Rasakan Fungsi Aditif Oli? Lakukan Hal Ini!

Ingin Rasakan Fungsi Aditif Oli? Lakukan Hal Ini!
Kamis, 23 Maret 2023 10:00
Benny Averdi

Pelumas atau oli memang merupakan hal vital bagi kelangsungan hidup mesin motor. Segala komponen bergerak maupun tidak bergerak di dalam mesin memerlukan pelumas untuk setiap bidang gesek yang ada di sana.

Sesuai ketentuan dalam ilmu fisika, bila gesekan berkurang maka nilai hambatannya pun menurun. "Kalau gaya gesek (friksi) menurun, maka beban mesin akan lebih ringan," ujar Eddy Yap, Direktur PT Cahaya Kinetik Indonesia pada sesi peluncuran produk aditif oli, Grafinol di Bellissimo Una Vespa, Tangerang, Sabtu (18/3) lalu.

   Baca Juga: Mulai Rp 5 Juta, Ini Harga Gesits, Volta, dan Selis Usai Disubsidi

Ia mengklaim Grafinol dapat memberikan penghematan bahan bakar. Hal ini karena mampu mengurangi gaya gesek pada mesin. "Beban mesin ringan, efeknya konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat," terang lulusan sebuah universitas di Selandia Baru itu.

Menyoal penggunaan aditif, ia menyarankan agar menambahkan di tengah-tengah interval penggantian oli rutin. "Akan lebih terasa efeknya, karena pelumasannya akan membuat ringan mesin di kala oli yang ada di dalamnya sudah mulai menurun kemampuannya," ungkap Eddy.

Grafinol botol

Ia pun memaklumi jika banyak pengguna kendaraan enggan melakukannya di tengah interval ganti oli. "Banyak yang ingin menambahkannya berbarengan dengan penggantian oli baru. Sebagian orang merasa hal tersebut tidak efisien dari segi biaya, tetapi efeknya lebih terasa," katanya.

Padahal, menurut Eddy jika berbarengan oli baru, tidak mudah untuk mengetahui efek dari aditif tersebut. "Akan rancu, karena jika dilakukan di tengah interval, dari suara saja sudah dapat terdengar lebih halus, sedangkan kalau bersamaan dengan oli baru, akan tidak terlalu jelas perbedaannya," ucap Eddy.

   Baca Juga: Masyarakat Indonesia Sudah Bisa Membeli Motor Listrik Subsidi

"Memang, kalau di tengah interval pergantian oli, jadinya kan aditif tersebut dianggap hanya sebentar di dalam mesin, makanya banyak yang ingin menggunakannya sekalian penggantian oli baru," ujarnya.

Untuk motor dengan rata-rata kapasitas oli mesin 1 liter, cukup menggunakan Grafinol M2 berukuran 8ml yang dipasarkan seharga Rp 30 ribu/botol. "Harga kami terjangkau karena merupakan produk lokal," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.