Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin di Motor Bisa Berkurang

Ternyata Ini Penyebab Oli Mesin di Motor Bisa Berkurang
Senin, 20 Maret 2023 11:30
Ruslan Abdul Gani

Oli merupakan komponen yang mempunyai peran penting untuk melumasi mesin di motor. Volume oli di motor juga tidak boleh sampai habis, pasalnya mesin bisa mengalami kerusakan. Seiring pemakaian, takaran oli di dalam mesin bisa mengalami kekurangan. Lantas, apa penyebabnya?

Dhany Ekasaputra selaku Manager Promosi PT Autochem Industry menjelaskan salah satu penyebab oli mesin berkurang itu disebabkan oleh kualitas oli yang sudah menurun akibat dipakai terlalu lama.

   Baca Juga: Tips Merawat Helm Doff, Dianjurkan Lakukan Coating

Oli mesin Pana Oil

"Banyak yang bilang oli bisa habis di dalam mesin itu karena menguap. Padahal, bukan menguap, oli berkurang karena masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar," ujar Dhany di JCC Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal itu disebabkan oleh kualitas oli yang sudah menurun dan menjadi lebih encer dari batas minimum kekentalannya. "Misal batas minimum kekentalannya adalah 12,5 cSt. Namun,  kondisi kekentalan oli tersebut sudah mencapai 10 cSt, karena tidak diganti sesuai anjuran. Jika sudah melewati batas minimum, maka oli akan lebih encer dan masuk ke ruang bakar," ucap Dhany.

Penyebab Piston Bisa Pecah di Dalam Mesin

   Baca Juga: Simak! Ini Beberapa Penyebab Motor Susah Menyala

Lebih lanjut, Dhany menjelaskan oli bisa ikut terbakar melalui clearance piston. "Jadi, oli lewat celah atau jarak antara dinding silinder dan piston. Knalpot memang tidak terlalu terlihat mengeluarkan asap putih, karena asapnya sangat tipis," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2023. Otorider.com. All rights reserved.