Ini Ciri-Ciri Roller CVT Motor Matic Perlu Diganti

Ini Ciri-Ciri Roller CVT Motor Matic Perlu Diganti
Selasa, 6 Juni 2023 12:30
Afrizal Abdul Rahman

Setiap motor mempunyai komponen penting yang memiliki masa pakai, salah satunya seperti roller yang berada di bagian CVT (Continuosly Variable Transmission) motor matic.

Roller memiliki fungsi untuk membantu mengatur putaran mesin rendah ke tinggi. Caranya, pulley akan didorong oleh roller, lalu belt menjadi merenggang.

   Baca Juga: Cek Kondisi CVT Vespa Matic Jelang Libur Lebaran, Periksa 2 Hal Ini!

Bagi Anda yang menggunakan motor matic wajib mengetahui beberapa tanda bahawa roller sudah perlu diganti. Lantas, apa saja ciri-cirinya?

"Ciri-cirinya yaitu top speed motor tidak maksimal atau istilahnya ngeden. Kondisi tersebut terjadi karena roller sudah peang atau tidak dalam bentuk yang semestinya," kata Ayi Kurnia, Service Advisor Yamaha Putra Agung Ciganjur, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Suzuki Umumkan Harga V-Strom 250SX, Berikut 3 Pilihan Warnanya

Ayi mengatakan ketika roller sudah tak layak digunakan, maka akan membuat tarikan gas pada motor terasa sangat berat. Sehingga, menyebabkan mesin tidak sampai ke kecepatan maksimal. "Kalau sudah tidak layak atau rusak seperti berubah bentuk itu bisa dilakukan penggantian roller," tambahnya.

Pabrikan motor sendiri umumnya merekomendasikan untuk mengganti roller CVT di pemakaian 24.000 kilometer atau setiap 2 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.