Ini Efeknya Jika Suka Campur-Campur Bensin di Motor

Ini Efeknya Jika Suka Campur-Campur Bensin di Motor
Rabu, 12 Juli 2023 11:35
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Beberapa pemilik motor mungkin pernah mencampur-campur jenis bahan bakar. Biasanya bensin oktan rendah dicampur dengan bensin beroktan lebih tinggi.

Alasannya cukup beragam, mulai dari yang tidak mau antre lama, hingga meyakini adanya manfaat jika mencampurkan beberapa jenis bahan bakar ke motornya. Lantas, apakah ada dampaknya kalau sering mencampur bahan bakar?

   Baca Juga: Tes Konsumsi Bensin Yamaha Grand Filano, Seberapa Irit?

“Saya tidak menyarankan untuk mencampur bahan bakar yang berbeda nilai oktan apalagi kalau sampai lintas merek. Sebab, pada masing-masing jenis bahan bakar itu sudah punya zat aditif, kalau sampai kecampur bisa berdampak pada performa motor,” buka Budi, Service Advisor Kuda Mas Motor, Bojong Gede.

Bolehkah Bahan Bakar Pertalite dan Pertamax Dicampur

   Baca Juga: Cek Komponen Ini Sebelum Ganti Aki Motor yang Drop!

Budi memberi contoh efek yang paling terasa jika Anda sering mencampur bahan bakar. “Tarikan motor bisa menjadi kurang responsif, berbeda jika kita konstan memakai bensin dengan nilai oktan 92 saja atau 90 saja,” ungkapnya.

Selain itu, pencampuran bahan bakar beda oktan ini bakal mempunyai efek ke komponen mesin. “Nanti pada karburator atau throttle body akan terlihat ada bercak-bercak hitam dan pada ruang bakar akan makin banyak kerak,” tutupnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.