Jangan Asal Pasang! Ini Efek Pakai Leher Knalpot Racing Terlalu Besar

Jangan Asal Pasang! Ini Efek Pakai Leher Knalpot Racing Terlalu Besar
Selasa, 13 Juni 2023 14:00
Ruslan Abdul Gani

Salah satu komponen yang sering diganti saat melakukan modifikasi ialah knalpot. Penggantian knalpot standar menjadi racing ternyata tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan spesifikasi mesin. 

Spesifikasi knalpot racing pun beragam, mulai dari ukuran diameter leher knalpot ada yang besar dan kecil. Banyak yang beranggapan, semakin besar ukurannya maka semakin bagus untuk meningkatkan performa, ternyata itu salah.

   Baca Juga: Banyak Beredar Knalpot Standar Racing, Apa Bedanya?

Willy Prihyanto selaku Bagian Pemasaran produsen knalpot ProSpeed dan KRace menjelaskan semakin besar diameter leher dan desain silincer memang akan membuat aliran gas buang semakin bebas. 

Knalpot standar racing

"Tapi kalau gas buang semakin bebas, kalau tidak diimbangi dengan peningkatan spek mesin, bukannya naik performanya malah bikin tarikan ngempos," ujar Willy kepada OtoRider.

Lebih lanjut, Willy menjelaskan tarikan motor terasa ngempos pada saat rpm rendah. "Tarikan bawah terasa ngempos, jadi harus pelintir gas lebih dalam untuk membuat motor melaju," jelas Willy.

Leher Knalpot Racing

   Baca Juga: Ajang CustoMAXI x Yard Built 2023 Digelar, Kualitas Semakin Meningkat

Selain itu, ukuran leher knalpot yang terlalu besar ada efek negatif lain yang bisa terjadi. "Efek negatif lainnya biasanya bahan bakar menjadi lebih boros, akibat dari sering melintir gas lebih dalam karena tarikan motor ngempos," ungkapnya.

Nah, jadi jangan sembarangan pasang knalpot racing, harus disesuaikan dengan spesifikasi mesin dan kebutuhannya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.