Jangan Dilewatkan! Ini Fungsi Penting Epoxy Saat Repaint Body Motor

Jangan Dilewatkan! Ini Fungsi Penting Epoxy Saat Repaint Body Motor
Sabtu, 28 Januari 2023 14:00
Ruslan Abdul Gani

Salah satu cara membuat bodi motor yang sudah baret atau kusam kembali kinclong ialah dengan melakukan cat ulang atau repaint. Proses pengecatan sendiri ada beberapa tahapan, di antaranya mulai dari epoxy, mendempul permukaan yang tidak rata, base coat, top coat, sampai tahap terakhir pernis atau clear.

Bicara tahapan dalam repaint, ternyata memberikan lapisan epoxy saat melakukan proses cat ulang cover body motor sangat penting. Biasanya saat repaint atau cat ulang body, langkah pertama diberikan lapisan epoxy. Nah, apa sih fungsi dari epoxy?

   Baca Juga: Sekali Pakai, Sisa Minyak Rem Motor Sebaiknya Tidak Disimpan

Fungsi Epoxy Saat Repaint

Junistian Farhan selaku Pemilik Square Project, bengkel spesialis cat motor menjelaskan pelapisan epoxy saat proses repaint itu banyak fungsi dan manfaatnya. "Fungsinya sebagai pelapis supaya cat menempel sempurna ke body atau media yang ingin dicat," ujar Junistian saat disambangi OtoRider di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Selain itu, lapisan epoxy juga bisa menahan lapisan cat lama menjadi mati, sehingga tidak bereaksi negatif saat ditimpa dengan cat baru. "Kalau tidak dilapis epoxy dikhawatirkan cat lama bisa retak atau keriting, karena tidak kuat menahan senyawa kimia baru," ucap Junistian.

Fungsi Epoxy Saat Repaint

Tak hanya itu, epoxy juga bisa memperbaiki permukaan, menutup pori-pori cat lama, dan juga bekas goresan halus. "Biasanya jika proses cat tanpa dilapis epoxy, media yang akan dicat memiliki luka atau goresan halus saja, akan sangat tampak terlihat setelah ditimpa cat baru," jelasnya.

   Baca Juga: Proses Repaint Body Motor di Bengkel Spesialis, Ada 11 Tahapan

Jadi, epoxy ini juga bisa menutup permukaan yang tidak rata sehingga hasil cat ulang nantinya lebih halus, asalkan luka di permukaannya tidak terlalu parah atau terbilang ringan. Kalau parah, solusinya harus didempul terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.