Kelebihan dan Kekurangan Suspensi Pro-Link Honda CRF 250L

Kelebihan dan Kekurangan Suspensi Pro-Link Honda CRF 250L
Jumat, 24 Februari 2023 11:00
Benny Averdi

Suspensi pada kendaraan tentunya memegang peran penting. Salah satunya seperti suspensi belakang pada Honda CRF 250L. Selain memberikan stabilitas yang baik, juga mampu meredam guncangan ekstrem, terutama ketika digunakan di medan off-road.

Reza Rezdie selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan sistem suspensi belakang Honda CRF 250L menggunakan Pro-Link. Jadi, suspensi tunggal itu tidak langsung terhubung pada lengan ayun, melainkan ada komponen lain yang terkait pada shockbreaker belakang tersebut.

   Baca Juga: Tips Bikin Shockbreaker Belakang Motor Lebih Nyaman Ayunannya

Ia menuturkan ada keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan sistem suspensi ini, terutama pada motor yang dipakai di medan off-road. "Jika langkah ayun yang didapat cukup besar, tetapi di suspensi tergolong kecil, sehingga peredamannya lebih baik," katanya.

Honda Resmi Meluncurkan CRF250L

Menurut Reza, meski ayunan yang diterima roda cukup kuat, akan teredam melalui link pada suspensi sebelum bodi terdorong ayunan dari shockabsorber. Sementara, shockbreaker juga bakal meredam guncangannya terlebih dulu. "Sehingga penunggang tidak merasakan guncangan yang terlalu keras," ucap Reza.

   Baca Juga: Adu Spek Mesin Honda CRF250L dan Kawasaki KLX250

Dari sisi travel, ia menjelaskan akan menambah langkah ayun suspensi belakang. Tentunya hal ini berguna ketika melewati medan jalan yang tidak rata alias off-road.

Tetapi, ada sedikit kekurangan dari sistem itu, dikarenakan komponennya akan lebih banyak dibandingkan supensi tunggal konvensional.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.