Bolehkah Ganti Rantai Motor Saja Tanpa Gear? Ini Jawabannya

Bolehkah Ganti Rantai Motor Saja Tanpa Gear? Ini Jawabannya
Kamis, 29 Juni 2023 19:15
Nabiel Giebran El Ri

Rantai dan gear punya peran penting pada sebuah motor. Komponen ini pun memiliki usia pakai yang mengharuskannya diganti secara berkala. Penggantian rantai dan gear wajib dilakukan pada interval 10.000-15.000 km sekali.

Jika mengganti dengan merek aftermarket, biasanya untuk rantai dan gear dijual tidak selalu sepaket. Jadinya, banyak dari para pemilik motor hanya membeli rantai saja tanpa membeli gear-nya sekalian.

   Baca Juga: Pertamina Siap Kembangkan Paket Baterai untuk Motor Listrik

rantai dan gir

Lalu, apakah boleh kalau hanya mengganti rantai saja tanpa mengganti gear-nya juga? "Mengganti rantai saja sebenarnya enggak ada masalah. Biasanya memang dalam perbandingannya, gear bisa dipakai sampai dua kali penggantian rantai," kata Andi, salah satu mekanik Suba Motor, Bojong Gede.

   Baca Juga: Pasar Penjualan Motor Bekas Masih Menjanjikan

Namun, ada yang harus diperhatikan kalau cuma ingin mengganti rantainya saja. "Tapi dengan catatan, kondisi mata gear-nya masih dalam keadaan baik, dan belum aus atau lancip," ucap Andi.

Akan tetapi, Andi menyarankan agar sekaligus mengganti rantai berikut gear-nya, supaya kedua komponen tersebut bisa mengalami keausan secara bersamaan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.