Perhatikan Hal Ini Jika Membeli Wheel Set Supermoto Secara Online

Perhatikan Hal Ini Jika Membeli Wheel Set Supermoto Secara Online

 

Modifikasi trail dari gaya adventure menjadi supermoto tampaknya sangat sederhana. Tetapi, ternyata tidak sekadar mengganti wheel set (pelek dan roda) saja dengan yang diameternya lebih kecil.

"Harus diperhatikan secara mendetail, terutama pada roda belakang," terang Larry Rahmat Rizki dari CAOS Custom Bike di kawasan Pancoran Barat VIII, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Penyebab Mesin Motor dengan Pendingin Radiator Alami Overheat

Menurutnya, saat ini memang banyak ditawarkan wheel set yang dijual dari e-commerce atau belanja secara daring. "Mereka tentunya 'main aman' dengan menggunakan ban dan pelek yang tidak terlalu lebar. Hal ini dilakukan terutama untuk roda belakang, agar rantai tidak bergesekan dengan ban yang ukurannya lebih lebar," kata Larry.

Modif supermoto roda belakang 2

Tetapi tak jarang pula yang menawarkan ban dengan ukuran lumayan lebar, misal 140/70R17. "Saat dipasang ternyata rantai bergesekan dengan ban," ungkapnya. Menurut Larry, idealnya untuk memasang wheel set supermoto adalah di-setting pada motornya langsung.

   Baca Juga: Davinci DC 100, Motor Listrik Berfitur Canggih & Performa Serupa Moge

"Karena kondisi komponen masing-masing motor berbeda-beda," kata Larry. Tak jarang arm belakang perlu disetel lagi untuk posisi yang paling ideal. Jika tidak dilakukan pada motornya, tentu wheel set akan tampak tidak pas.

"Apalagi kalau arm yang produk aftermarket, banyak yang tidak presisi. Jadi harus diset ulang dan disesuaikan dengan wheel set yang akan dipasang," lanjutnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id