Setel Off-Set Pelek Jari-Jari, Bikin Ban Tak Bergesekan dengan Rantai

Setel Off-Set Pelek Jari-Jari, Bikin Ban Tak Bergesekan dengan Rantai

 

Ban dan pelek lebar kerap menjadi pilihan modifikasi yang sangat umum, baik untuk penggemar supermoto maupun motor sehari-hari. Tetapi, kendala yang sering ditemui adalah rantai bergesekan dengan ban.

Ukuran ban standar, relatif terlihat 'kurus' untuk sebagian orang. Sehingga, perlu melebarkan pelek dan ban pada tunggangannya. Ukuran ini bahkan cukup jauh dibandingkan standarnya.

Sebagai pemodifikasi gaya supermoto, yang kerap menggunakan ban lebar pada motor trail, Larry Rahmat Rizki mengatakan ada kiat yang biasa dilakukan. "Malah hampir tidak perlu menggunakan spacer untuk sproket rantai, bahkan di motor yang memasang pelek 4,50 dengan ban 160 sekalipun," ujarnya.

   Baca Juga: Punya Kelir Anyar, Ini Daftar Warna Lengkap Yamaha All New NMax 155

Tentu seperti hal yang tidak mungkin, jika belum melihatnya secara langsung. Namun, OtoRider menyaksikan sendiri pelek dan ban ukuran tersebut terpasang pada Honda CRF150 di bengkel CAOS Custom Bike yang berada di kawasan Pancoran Barat VIII, Jakarta Selatan.

Modif supermoto roda belakang 2

   Baca Juga: Simak! Beberapa Masalah yang Sering Menimpa Speedometer Motor

Larry memiliki kiat tersendiri untuk membuat modifikasi ban lebar tak perlu menggunakan spacer untuk sproket rantai. Menurutnya, saat menyetel jari-jari pada pelek, harus menentukan off-set yang pas di motor dengan ban lebar. "Sekali lagi, harus disetel pada motornya, agar benar-benar pas," katanya.

Jadi, dengan off-set yang sesuai, posisi ban bisa digeser sedikit ke kanan, sehingga tak bergesekan ke rantai. "Tentunya harus dilakukan oleh yang benar-benar paham, tidak bisa oleh sembarangan orang," ujarnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id