Ragam Aplikasi Pemantau Kualitas Udara, Bermanfaat Bagi Pemotor

Ragam Aplikasi Pemantau Kualitas Udara, Bermanfaat Bagi Pemotor
Jumat, 15 September 2023 11:00
Benny Averdi

OTORIDER - Kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya dalam kondisi tidak baik. Polusi udara ini bahkan dapat menyebabkan penyakit di saluran nafas, sehingga mengganggu aktivitas.

Bagi pemotor yang kerap berada di luar ruang, tentunya kondisi ini sangat mengkhawatirkan. Tetapi, tidak perlu terlalu cemas, karena dengan melihat aplikasi pada handphone, Anda bisa memantau kondisi udara.

   Baca Juga: Pemerintah Kejar Target TKDN 80 Persen Kendaraan Listrik pada 2030

Jika membuka Play Store atau App Store dan mencari Air Quality, maka akan ada beberapa pilihan aplikasi yang menampilkan kualitas udara di berbagai tempat. Salah satu yang OtoRider  gunakan adalah aplikasi Nafas. Aplikasi tersebut menampilkan peta di Jakarta dan sekitarnya, dengan angka-angka besaran kualitas udara.

Makin besar angkanya, kualitas udara di lokasi tersebut semakin buruk. Keterangan yang muncul di aplikasi ini berupa besaran AQI dan PM 2.5, serta penjelasan bahwa udara 'Tidak Sehat'. Keterangan lain adalah tutup jendela, gunakan purifier atau penyaring udara.

aplikasi nafas

Nah, ketika sudah mengetahui kondisi udara, maka pemotor bisa mempersiapkan masker untuk digunakan di perjalanan maupun di tempat tujuannya nanti.

"Pengguna motor sudah banyak yang menggunakan pelindung hidung dan mulut di kesehariannya, namun perlu disesuaikan untuk di udara yang berpolusi ini," ujar DR. dr. Feni Fitrani Taufik, Sp.P(K). M.Pd.Ked Sp.P, pakar Penyakit Paru Kerja dan Lingkungan di Departmen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI-RS Persahabatan.

"Dengan menggunakan filter pm 2.5, bisa diselipkan pada masker dan harganya lebih terjangkau," katanya lagi.

   Baca Juga: Apakah Rangka Motor Listrik Kuat?

Nah, dengan mengunduh aplikasi pemantau kualitas udara di handphone, diharapkan pengguna motor lebih mempersiapkan diri untuk mencegah terpapar polusi. Selain itu, seperti diungkapkan dalam siaran persnya, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menyarankan masyarakat juga membuka laman http://ispu.menlhk.go.id atau Play Store dengan mencari 'Kualitas Udara'. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.