Roller CVT Tak Pernah Diganti, Bikin Bensin Motor Boros!

Roller CVT Tak Pernah Diganti, Bikin Bensin Motor Boros!
Kamis, 15 Juni 2023 12:30
Afrizal Abdul Rahman

Roller dalam rangkaian transmisi CVT (Continuosly Variable Transmission) skutik merupakan salah satu komponen penting yang wajib diperhatikan. Meski kecil dan tersembunyi, komponen berbentuk silinder ini memiliki fungsi cukup penting. Maka, kenali usia pakainya, yakni 24.000 kilometer atau setara pemakaian selama 2 tahun.

Ketika sudah melewati masa pakai itu, maka roller berpotensi bekerja tak maksimal. Jika dibiarkan, tanpa disadari bisa membuat bensin motor matic Anda lebih boros dari biasanya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

   Baca Juga: Ini Ciri-Ciri Roller CVT Motor Matic Perlu Diganti

Ayi Kurnia selaku Service Advisor Yamaha Putra Agung Ciganjur, Jakarta Selatan mengatakan kondisi roller yang sudah kurang baik akan berdampak pada performa, utamanya tarikan motor. "Motor itu tarikannya jadi tidak ada saat mencapai top speed-nya. Otomatis bensin boros, motor enggak ada tenaga, maunya ngegas terus," jelas Ayi kepada OtoRider baru-baru ini.

Seiring pemakaian, permukaan roller bisa berubah bentuk menjadi peang, alias tidak bundar lagi. Padahal komponen ini memiliki fungsi untuk menyalurkan putaran mesin dari kecepatan rendah ke tinggi.

   Baca Juga: Piaggio Indonesia Resmi Meluncurkan Vespa GTS Series Terbaru

Cara kerjanya, roller terlempar saat terkena hentakan tenaga dan mendorong pulley. Efeknya, pulley merapat lalu belt menjadi merenggang. Maka, terjadilah perubahan rasio transmisi. Nah, roller yang berubah bentuk tidak akan menjalankan fungsi ini dengan baik. Kondisi tersebut menurut Ayi yang membuat tarikan atas motor menjadi tidak ada.

"Ciri-cirinya yaitu top speed motor tidak maksimal atau istilahnya ngeden. Kondisi tersebut terjadi karena roller sudah peang atau tidak dalam bentuk yang semestinya," tambahnya. Harga roller sendiri tergolong murah, hanya berkisar Rp 50 ribuan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.