Saklar Elektrik Starter Motor Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

Saklar Elektrik Starter Motor Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya
Rabu, 3 Mei 2023 22:45
Ruslan Abdul Gani

Supaya motor mudah menyala ketika ingin digunakan, starter elektrik di motor perlu dirawat. Salah satu bagian yang harus dirawat ialah saklar starter

Fungsi saklar starter pada motor adalah untuk menghidupkan mesin. Dengan posisi saklar starter motor yang rentan terkena kotoran, debu, dan air, maka pemilik perlu memperhatikan perawatan komponen ini. Karena jika tidak dirawat, bisa mengakibatkan timbulnya karat atau tumpukan kotoran sehingga mengganggu fungsi saklar starter motor.

   Baca Juga: Tak Perlu ke Bengkel, Lakukan 2 Hal Ini Agar Kondisi Motor Tetap Prima

Wahidin selaku Senior Manager Aftersales Main Dealer PT Thamrin Brothers memberikan tips perawatan saklar starter motor. Nah, apa saja yang bisa Anda lakukan?

1. Pembersihan

Saat ini cuaca tidak menentu, terkadang hujan tiba-tiba juga langsung panas. Hal tersebut membuat motor juga lebih cepat kotor. Selain membersihkan bagian luar motor, terdapat part yang perlu juga diperhatikan kebersihannya seperti halnya saklar starter motor.

Karena saklar starter mudah terkena kotoran saat motor sedang digunakan, Anda bisa melakukan perawatan di rumah dengan cara menyemprot bagian saklar starter menggunakan cairan pembersih yang ramah elektronik. Karena jika saklar starter kotor, maka bisa mengakibatkan korsleting dan berisiko membahayakan komponen kelistrikan lainnya.

"Pakai cairan khusus pembersih saklar starter dapat menghilangkan kotoran di saklar starter, menjadikan komponen saklar starter bersih dan memperpanjang usia part tersebut," ujar Wahidin.

Cara Rawat Saklar Starter

2. Jangan melakukan modifikasi

Hindari memodifikasi berlebihan hal-hal terkait kelistrikan pada motor dan di luar standar pabrikan. Karena selain berpengaruh pada garansi yang sudah diberikan pabrikan, hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen listrik jika memodifikasi secara sembarangan. Bahkan ada beberapa kasus motor terbakar karena kesalahan modifikasi pada saklar starter.

Cara Rawat Saklar Starter

   Baca Juga: Usai Ditinggal Mudik, Motor Susah Menyala? Ini Sebab dan Cara Atasinya

3. Selalu melakukan perawatan motor di bengkel rekomendasi

Karena jika saklar starter bermasalah dan dibawa ke bengkel resmi, maka akan langsung dilakukan pergantian part yang sesuai standar pabrikan serta dijamin asli dan ada garansi sehingga menjaga kinerjanya tetap optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.