Selain Sinar Matahari, Busi Palsu Bisa Sebabkan Sunburn di Speedometer

Selain Sinar Matahari, Busi Palsu Bisa Sebabkan Sunburn di Speedometer
Senin, 30 Januari 2023 10:00
Afrizal Abdul Rahman

Masalah sunburn mengintai pemilik motor dengan sistem panel intrumen digital. Jika panel instrumen digital terkena sunburn, maka sejumlah informasi menjadi tidak terlihat.

Bila kondisinya sudah parah, tentu pemilik motor perlu mengganti perangkat panel intrumen secara keseluruhan. Seperti namanya, sunburn seringkali timbul karena paparan sinar matahari. Namun, ternyata tak hanya itu saja penyebabnya.

   Baca Juga: V-KOOL PPF Bisa Cegah Masalah Sunburn di Speedometer Digital Motor

"Jadi gini, speedometer bisa error itu pasti dari otaknya, tidak membaca kecepatan di awal jadinya tidak stabil," kata Budiman, Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, Jawa Barat baru-baru ini.

Busi kendaraan

Budiman mengatakan hal lain yang dapat menimbulkan sunburn pada speedometer yakni dari internal motor itu sendiri. Salah satunya adalah pemilihan busi yang tidak tepat atau memakai busi palsu.

"Wajib memerhatikan busi karena semua sudah full digital. Karena di busi itu ada yang namanya C, P, dan R. Ketiganya memiliki fungsi masing-masing, seperti R sebagai resistor untuk menahan api agar tidak kemana-mana," tambahnya.

   Baca Juga: Sekali Pakai, Sisa Minyak Rem Motor Sebaiknya Tidak Disimpan

Ia mengatakan, ketika motor keluaran terbaru yang sudah serba digital menggunakan busi palsu, bisa berakibat fatal, termasuk sunburn. Hal tersebut karena pancaran api yang tidak terkontrol.

"Bukan karena hujan saja, tapi bisa karena internal mesin yang mengarah ke kelistrikan menjadi bocor. Alhasil, muncul sunburn pada speedometer," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.