Sepele! Hal Ini Jadi Penyebab Modul ABS Yamaha NMax Rusak

Sepele! Hal Ini Jadi Penyebab Modul ABS Yamaha NMax Rusak

 

Fitur penunjang keselamatan yang disematkan pada motor masa kini antara lain ialah teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Salah satu motor yang juga punya fitur ABS adalah Yamaha NMax.

Sama seperti komponen lainnya, fitur ABS juga bisa mengalami kerusakan bila tidak dilakukan perawatan dengan benar. Komponen yang sering mengalami kerusakan yaitu modul ABS-nya. Lantas, apa penyebab modul ABS cepat rusak?

   Baca Juga: Mau Cat Motor di Diler Resmi Yamaha? Ini Persyaratannya

Merawat Sistem Rem ABS

Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, Jawa Barat mengatakan penyebab modul ABS cepat rusak cuma karena minyak rem. "Kebanyakan para pemilik motor tidak peduli dengan kondisi minyak rem, padahal ini fatal akibatnya," ujar Budiman kepada OtoRider.

Kondisi minyak rem yang jarang dikuras atau diganti itu yang menjadi penyebab modul ABS rusak. "Kerusakan modul ABS umumnya disebabkan karena kondisi minyak rem yang sudah buruk, sehingga menyebabkan korosi atau karat," ucap Budiman.

Pasalnya, jika kondisi minyak rem sudah tidak baik, maka berpotensi akan berlumpur, bahkan tercampur oleh air. Jadi, kalau rutin ganti atau kuras minyak rem secara berkala, modul ABS tidak akan mengalami kerusakan.

Merawat Sistem Rem ABS

"Sebenarnya perawatan sistem ABS cukup mudah. Disarankan rutin kuras minyak rem paling minimal rutin per 7.000 km. Minyaknya diganti baru, mulai dari yang ada di master rem hingga kaliper," sarannya.

   Baca Juga: Ciri Sistem Rem ABS Motor Mengalami Kerusakan, Sudah Tahu?

Nah, jadi penyebabnya cuma karena hal sepele, yakni jarang kuras minyak rem.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id