Simak! Beberapa Masalah yang Sering Menimpa Speedometer Motor

Simak! Beberapa Masalah yang Sering Menimpa Speedometer Motor
Minggu, 22 Januari 2023 08:30
Ruslan Abdul Gani

Panel speedometer merupakan salah satu bagian penting dari motor. Hal ini karena komponen tersebut menampilkan beragam macam informasi. Tak hanya indikator kecepatan saja, tapi juga ada tachometer, odometer, fuel meter, dan gear indicator. Kemudian, beberapa varian speedometer juga sudah bisa menampilkan tambahan informasi seperti jam digital, average fuel consumption, bahkan peringatan kapan mengganti oli atau oil change indicator.

Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan speedometer berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat digunakan. Saat ini ada dua jenis speedometer yang banyak digunakan pada motor, yaitu analog dan digital. “Di era sekarang secara umum panel speedometer digital sudah menggunakan LED sebagai penerangan dan LCD sebagai display-nya,” ujar Ade.

   Baca Juga: Tips Rawat Fitur Rem ABS pada Motor Biar Tidak Cepat Rusak

V-KOOL PPF Bisa Untuk Mencegah Masalah Sunburn di Speedometer Digital

Namun, seiring pemakaian panel speedometer juga terkadang mengalami beberapa masalah di beberapa komponen, terutama di bagian layar yang sudah dilengkapi LCD (Liquid Crystal Display). Sehingga, dapat mengganggu aktivitas berkendara. Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi, di antaranya:

1. Panel Speedometer Mengembun

Tampilan panel speedometer terhalang karena terdapat uap air atau embun yang menempel di bagian atas mika penutup. Biasanya terjadi ketika motor habis dicuci atau juga saat berkendara di cuaca hujan. Penyebabnya kemungkinan karena ada celah antara mika penutup, atau bisa juga terdapat retakan sehingga panas dari mesin menyebabkan air yang masuk ke dalam unit panel speedometer menguap dan tertahan di dalam.

Solusinya bisa mengecek bagian speedometer dan memeriksa apakah terdapat celah di antara penutup, atau jika terjadi kerusakan di bagian mika yang berwarna bening, bisa langsung menggantinya. 

2. Panel Speedometer Sunburn

Karena kebanyakan beberapa motor model terbaru menggunakan panel speedometer tipe LCD, maka masalah seperti sunburn sering sekali terjadi. Sunburn adalah kerusakan di bagian panel speedometer, sehingga ngeblank atau terdapat noda hitam terbakar dan layar tidak memunculkan angka atau informasi lainnya. Kerusakan ini biasanya disebabkan ketika sepeda motor disimpan atau diparkir di ruangan terbuka dan terpapar sinar matahari langsung cukup lama.

Mengganti panel LCD speedometer dengan yang baru adalah solusinya. Tapi tentunya ada tips mudah supaya hal tersebut tidak terjadi. Di antaranya adalah menyimpan atau parkir motor di tempat yang teduh atau terhindar dari sinar matahari secara langsung, memilih parkir di area indoor atau jika terpaksa disimpan di tempat terbuka, diusahakan untuk menutupnya dengan cover atau benda lainnya yang aman.

Antisipasi lainnya bisa dengan melapisi mika panel speedometer dengan plastik film yang biasa dipasang di kaca-kaca mobil. Anda bisa pilih yang 20 persen atau 30 persen. Intinya Anda bisa setting tingkat gelapnya agar indikator di speedometer tetap dapat terlihat.

Konsumsi BBM Honda PCX Speedometer PCX

   Baca Juga: Jangan Salah Beli! Ini Bedanya Selang Rem ABS dan Non-ABS di Motor

3. Panel Speedometer Memudar dan Tidak Terbaca

Jika indikator speedometer tidak bergerak atau tidak bisa menampilkan informasi seperti angka kecepatan, kemungkinan ada beberapa bagian komponen seperti kabel yang terputus atau rusak.

Tapi terkadang ada juga kondisi yang mana panel speedometer memudar atau hanya berkedip. Masalah ini terjadi pada motor yang sudah berusia lebih dari enam tahun. Penyebabnya bisa karena kelistrikan yang disebabkan aki sudah lemah dan bahkan tak berfungsi, sehingga terkadang panel speedometer hanya berkedip dan menunjukan tampilan yang tidak stabil ketika dinyalakan.

Aki atau baterai motor memang menjadi komponen yang paling penting. Jika terjadi kerusakan atau tegangannya sudah lemah, maka akan merembet pada masalah yang lain, salah satunya panel speedometer. Mengganti aki dengan yang baru adalah langkah tepat, apalagi ketika usia pakainya sudah melebihi batasan. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.