Jangan Salah Beli! Ini Bedanya Selang Rem ABS dan Non-ABS di Motor

Jangan Salah Beli! Ini Bedanya Selang Rem ABS dan Non-ABS di Motor

 

Saat ini sistem rem Anti-lock Braking System (ABS) sudah diaplikasikan di beberapa jenis motor keluaran terbaru. Seiring pemakaian, ternyata fitur ABS juga bisa mengalami masalah kerusakan, misalnya pada bagian selang rem.

Pada saat membeli selang rem tipe ABS pun tak bisa asal. Soalnya, selang rem untuk motor dengan rem ABS dan non-ABS itu berbeda. Lantas, apa sih bedanya?

   Baca Juga: Mau Cat Motor di Diler Resmi Yamaha? Ini Persyaratannya

Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, Jawa Barat menjelaskan selang rem tipe motor ABS dan non-ABS sedikit berbeda. "Memang masih banyak yang belum mengetahui, dikira selang rem semuanya sama saja. Kalau dari segi bahan sama saja, perbedaannya dari segi jumlahnya," ujar Budiman saat disambangi OtoRider.

Selang Rem ABS

Budiman mengatakan jumlah selang rem ABS lebih banyak ketimbang non-ABS. "Pada sistem ABS itu dibutuhkan dua buah selang dalam pengoperasiannya, sedangkan non-ABS hanya satu saja," ucap Budiman.

Tipe ABS membutuhkan dua selang karena adanya modulator atau hidrolik ABS. "Jadi selang rem itu dari master rem menuju modul ABS terlebih dahulu, baru kemudian dialirkan ke kaliper pakai satu selang lagi," jelasnya.

Apa Benar Selang Rem Racing Lebih Bagus Dari Orisinal Pabrik?

"Makanya kalau mau mengganti selang rem ABS untuk motor Yamaha NMax itu butuh empat buah. Depan dan belakang masing-masing dua buah," lanjutnya.

   Baca Juga: Tips Rawat Fitur Rem ABS pada Motor Biar Tidak Cepat Rusak

Selain itu, ujung selang rem ABS dan non-ABS juga berbeda. "Karena terhubung ke modulator ABS, sambungan pada selang rem ABS menjadi berbeda dengan selang rem non-ABS. Pada rem non-ABS punya banjo atau ujung sambungan berbentuk seperti huruf Q di kedua sisinya, pada beberapa motor ABS tertentu punya sambungan berbentuk drat di satu sisinya," ucap Budiman.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id