Tak Disarankan Potong Rantai Motor, Ini Masalah yang Akan Muncul

Tak Disarankan Potong Rantai Motor, Ini Masalah yang Akan Muncul
Minggu, 4 Juni 2023 17:15
Afrizal Abdul Rahman

Perawatan rantai motor sangat dianjurkan agar kendaraan tetap berfungsi dengan baik. Ketika komponen tersebut tak dirawat, tentu akan banyak masalah yang muncul. Salah satu hal yang sering dilakukan pemilik motor untuk memperpanjang usia pakai rantai adalah dengan memotongnya bila sudah kendur.

Ayi Kurnia selaku Service Advisor Yamaha Putra Agung Ciganjur, Jakarta pun tak menyarankan untuk memotong rantai. Menurutnya, hal ini bisa berbahaya.

"Kalau rantai dipotong itu bahaya, jadi kinerjanya juga tidak maksimal. Bisa juga kekuatan rantai tembah berkurang, bahkan bisa putus di jalan," katanya pada OtoRider baru-baru ini di Jakarta.

   Baca Juga: Punya Tampilan Baru, Intip Detail Spesifikasi Honda CB650R

Ayi menambahkan dari sisi keselamatan juga sangat berkaitan. Ketika rantai sudah tak layak pakai, bisa slip ke tromol dan dapat berpotensi menyebabkan pengendara jatuh.

"Pengaruhnya ke safety juga, jadi rantai tidak bisa disetel membuatnya lebih kendur. Ketika melewati polisi tidur, itu bisa menyebabkan slip ke tromol," tambahnya.

   Baca Juga: Punya Tampilan Baru, Intip Detail Spesifikasi Honda CB650R

Ayi menyarankan ketika rantai motor sudah tak layak pakai, maka segera diganti. Ia mengatakan penggantian rantai bisa dilakukan ketika kilometer menyentuh angka 15 ribu.

"Paling ideal itu di 15 ribu km. Kalau memang motor buat keseharian, bisa lebih cepat lebih bagus, agar tetap aman," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.