Tips Perawatan Rantai Motor yang Baik dan Benar, Sudah Tahu?

Tips Perawatan Rantai Motor yang Baik dan Benar, Sudah Tahu?
Minggu, 4 Juni 2023 19:00
Afrizal Abdul Rahman

Motor memiliki berbagai komponen penting yang membutuhkan perawatan rutin, termasuk rantai. Rantai sendiri berperan untuk menghubungkan tenaga mesin ke roda agar dapat berputar.

Sayangnya, komponen satu ini kerap kurang mendapatkan perawatan. Alhasil, rantai menjadi kendur dan rusak. Lantas, bagaimana perawatan rantai motor yang baik dan benar agar performanya tetap terjaga? Ayi Kurnia selaku Service Advisor Yamaha Putra Agung Ciganjur, Jakarta Selatan pun membagikan beberapa tipsnya.

   Baca Juga: Setel Off-Set Pelek Jari-Jari, Bikin Ban Tak Bergesekan dengan Rantai

"Wajib memerhatikan pelumasan rantai itu sendiri. Kalau musim hujan memang agak jarang diberikan pelumas, bisa dua kali dalam satu minggu," katanya kepada OtoRider baru-baru ini.

Ayi menyarankan untuk memberikan pelumas lebih sering ke rantai ketika musim panas, dengan tujuan agar kinerjanya tetap baik. "Kalau panas itu bisa lebih sering kasih pelumas. Jangan sampai rantai kering karena dapat berbahaya juga," tambahnya.

   Baca Juga: Suara Mesin Yamaha NMax Kasar? Cek Komponen Ini!

"Kalau mau awet ya bawa motornya bisa lebih santai, karena handling-nya ketika gas buang lebih lebar itu kan putaran juga semakin cepat. Tapi pada dasarnya penting untuk tetap melumasi rantai, kami di Yamaha juga jual pelumasnya," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.