Tekanan Angin Ban Motor yang Cocok, Enggak Boleh Sampai Salah

Tekanan Angin Ban Motor yang Cocok, Enggak Boleh Sampai Salah
Jumat, 14 Juli 2023 12:00
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Tekanan angin ban bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi keselamatan dan performa motor. Walau terdengar sepele, tekanan angin ban motor yang tidak sesuai bisa menyebabkan berbagai masalah berbahaya, seperti berkurangnya traksi, peningkatan keausan ban, dan bahkan risiko kecelakaan. 

Oleh karena itu, menjaga kesesuaian tekanan angin ban motor adalah suatu hal yang sangat penting bagi setiap pengendara.

   Baca Juga: Penyebab Rem Tromol Motor Matic Tidak Pakem

"Untuk motor bebek dan matic, yang ideal diisi 28-30 psi untuk ban depan dan 33-34 psi untuk ban belakang. Itu untuk ketika sedang riding sendirian. Kalau berboncengan ukurannya beda lagi, yang belakang ditambah jadi 35-36 psi, yang depan tetap sama," kata Rusli, Kepala Toko Planet Ban Cikaret, Cibinong.

Sedangkan untuk motor tipe sport, biasanya tekanan ban depan 30 psi serta ban belakang 34 psi.

   Baca Juga: Cara Deteksi Kampas Rem Tromol dan Cakram Motor Matic yang Aus

Jika tekanan angin terlalu keras, bagian tengah ban akan lebih cepat mengalami keausan. Karena, permukaan ban bagian tengah paling banyak menapak di jalan. Sedangkan, kalau tekanan angin di bawah standar, handling jadi kurang oke.

Untuk tekanan angin ban ideal biasanya sudah tertulis pada setiap motor. Pada motor matic umumnya berada di dek tengah atau bagasi. Sedangkan, motor sport ada pada bagian swing arm. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.