Terkena Air Hujan, Kisi-Kisi Radiator Motor Juga Perlu Dibersihkan

Terkena Air Hujan, Kisi-Kisi Radiator Motor Juga Perlu Dibersihkan Radiator motor.
Rabu, 15 November 2023 15:30
Benny Averdi

OTORIDER - Setelah musim panas, beberapa wilayah di tanah air sudah mulai turun hujan, meski terkadang tak terlalu deras. Termasuk di Jakarta, beberapa kawasan turun hujan walaupun dengan durasi yang tak lama.

Hujan yang tidak lama tetap berpotensi membuat permukaan jalan becek dan kotoran terciprat ke radiator. "Kotoran pada hujan 'tanggung' cukup banyak mengandung tanah dan pasir," terang Ade Rachmat, dari ARP Motorsport di Pamulang, Tangerang Selatan.

Jika dibiarkan, maka kotoran berisiko menyumbat kisi-kisi radiator. "Sebaiknya begitu sampai rumah, dibersihkan dengan disemprot sambil disikat dengan kuas halus," ungkapnya.

Dikhawatirkan, sumbatan pada kisi-kisi radiator dapat mengurangi kemampuannya menurunkan suhu, karena aliran angin dari depan terhambat. Memang, hal ini terkesan sepele, namun jika tidak diperhatikan bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

"Pendinginan mesin yang tidak sempurna, membuat suhu kerja mesin tidak stabil, jika dibiarkan akan mengganggu kinerja mesin," kata Ade.

Bila kondisi makin parah, misal kisi-kisi radiator banyak yang tertutup kotoran, akan membuat mesin kegerahan bahkan berakibat overheat. "Kalau sampai overheat, berabe urusannya, bisa jadi ada komponen mesin yang perlu diperbaiki bahkan diganti," ungkapnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.