Ternyata Ini Bedanya Antara Cat Semprot dan Kompressor

Ternyata Ini Bedanya Antara Cat Semprot dan Kompressor
Kamis, 9 Februari 2023 11:00
Ruslan Abdul Gani

Seiring pemakaian cat di bodi motor bisa mengalami kerusakan seperti pudar atau baret. Salah satu cara supaya cat kembali kinclong yaitu dengan melakukan repaint. Repaint juga banyak dilakukan sendiri oleh para pemilik motor dengan menggunakan cat semprot atau aerosol. 

Namun, ada juga yang menyerahkan ke bengkel spesialis cat yang menggunakan kompresor. Maksudnya ialah cat yang aplikasinya menggunakan spray gun dengan bantuan angin bertekanan dari mesin kompresor. Lantas, apa bedanya antara cat semprot dan cat kompressor?

   Baca Juga: Perbedaan Cat Jenis PU dan NC, Lebih Bagus Mana?

Cat Semprot Ditimpa Cat Kompressor

Junistian Farhan selaku Pemilik Square Project, bengkel spesialis cat menjelaskan perbedaannya dari segi harga dan cara pemakaian. "Cat semprot harganya lebih murah dibanding cat kompressor dan cara pemakaiannya cat semprot memang lebih praktis," ujar Junistian saat disambangi OtoRider di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Namun, kekentalan cat semprot tidak bisa diatur seperti cat kompressor. "Kalau kekentalan cat semprot atau aerosol tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan, soalnya sudah diatur dari produsen," ucap Junistian.

Bedanya Cat Semprot dan Cat Kompressor

Selain itu, pada cat semprot juga tidak bisa diatur jarak dan lebar daya sebar semprotan atau spray-nya. "Sedangkan cat kompresor kan pakai spray gun yang bisa diatur seberapa lebar dan kencangnya daya sebar cat," jelasnya.

Ketahanan cat semprot pun dinilai tidak sekuat dibandingkan cat yang menggunakan kompresor. "Soalnya pernis atau clear biasanya tidak dilengkapi hardener sekuat cat kompresor, karena hardener-nya menyatu, tidak terpisah," terangnya.

   Baca Juga: Cara Deteksi Kampas Rem Motor yang Sudah Mulai Tipis

Akan tetapi, cepat luntur atau tidaknya cat motor juga tergantung dari perawatan pemilik. Jadi, jika pakai cat semprot atau cat kompresor harus selalu dirawat supaya kondisinya tetap baik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.