Usai Diresmikan, Belum Ada yang Beli Motor Listrik Bersubsidi

Usai Diresmikan, Belum Ada yang Beli Motor Listrik Bersubsidi
Minggu, 30 April 2023 19:15
Gemilang Isromi Nuar

Dalam pengumam subsidi untuk motor listrik, Menteri Keuangan yakni Sri Mulyani Indrawati mengatakan kuota diberikan untuk 800 ribu motor listrik baru. Rinciannya, pada 2023 untuk 200.000 unit motor listrik dan pada 2024 mencakup 600.000 unit.

Namun setelah satu bulan lebih program itu dilaksanakan, sampai saat ini belum ada konsumen yang membeli motor listrik bersubsidi. Hal tersebut dapat dilihat pada laman resmi program subsidi motor listrik, Sisapira. Dari data terbaru yang didapat OtoRider hingga Minggu (30/4), sisa kuota motor listrik masih tersedia 200.000 unit, Proses Pendaftaran 0, Proses Verifikasi 0, dan Tersalurkan 0.

   Baca Juga: Shoei Luncurkan Helm Terbaru Z8 Edisi Marc Marquez American Spirit

Motor Listrik Smoot Tempur

Laman ini sendiri dikelola oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), yang mana diklaim akan memudahkan proses penyaluran subsidi tersebut dan menjadi penghubung antara perusahaan serta masyarakat. Produsen motor listrik bisa mendaftarkan produknya dan masyarakat dapat melakukan pengajuan subsidi di situs ini.

“Perusahaan ini sudah bisa melakukan pendaftaran peserta program untuk sepeda motor. Kami berikan satu situs bernama Sisapira (Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua),” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Taufiek Bawazier beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Spek Vespa Primavera Indonesia di Rally Audax Roma Castelli E Romani

Selis E-Max

Dalam penerimaan bantun subsidi motor listrik sendiri, tidak semua masyarakat bisa mendapatkannya. Hal ini karena mereka harus memenuhi kriteria tertentu. "Untuk penerima manfaat bagi motor listrik baru akan diberikan kepada bantuan ini bagi UMKM penerima KUR, penerima bantuan produktif usaha mikro, subsidi upah, subsidi listrik 450-900 VA," kata Sri Mulyani.

Pemerintah telah menyediakan anggaran sebanyak Rp 7 triliun untuk pemberian subsidi motor listrik periode 2023 dan 2024. Hal tersebut demi membantu masyarakat yang ingin memiliki kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau KBLBB roda dua hingga 2024 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.