Ini Dampak Motor Bila Menggunakan Busi Palsu

Ini Dampak Motor Bila Menggunakan Busi Palsu Busi NGK.
Kamis, 20 Juni 2024 12:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Komponen busi sangat penting untuk motor. Namun, saat ini tidak sedikit busi palsu dengan merek ternama beredar di pasaran.

Secara tampilan, hampir menyerupai dengan yang asli. Bukan tanpa alasan, ketika menggunakan busi palsu, maka akan berdampak negatif terhadap kendaraan. Hal tersebut diungkapkan oleh Marketing Manager PT Niterra Mobility Indonesia sebagai produsen busi NGK, Citra Aji Sanjaya.

"Busi palsu memiliki kualitas material yang rendah. Hal ini memungkinkan adanya dampak buruk yang mungkin akan terjadi pada mesin kendaraan penggunanya, seperti busi cepat mati, mesin jadi brebet, kendaraan menjadi susah di-starter, boros bahan bakar, dan terburuknya piston bisa jebol," kata Aji di Jakarta, Rabu (19/6).

Busi
Busi NGK G-Power.

Untuk itu, dirinya menyarankan konsumen lebih berhati-hati dalam membeli busi untuk motor kesayangan. Guna menjaga keaslian busi, sebaiknya beli di penjual yang terpercaya atau pada official store.

"Ada ciri-ciri busi palsu yaitu cetakan logo merek tidak tercetak rapi, tidak terdapatnya kode produksi, hingga harga jual jauh di bawah harga pasaran," papar Aji.

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis Pasal 100, 101, dan 102, memperdagangkan barang palsu merupakan tindakan pidana yang dapat diproses hukum.

"PT Niterra Mobility Indonesia di tahun ini fokus akan menindak tegas bagi toko online/offline yang memperdagangkan produk busi NGK palsu dengan mengambil tindakan hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam hal tersebut," papar Aji. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.