Jari Tangan Stand By di Tuas Rem Motor Bisa Bikin Bahaya?

Jari Tangan Stand By di Tuas Rem Motor Bisa Bikin Bahaya? Ilustrasi posisi tangan berada di rem motor.
Sabtu, 25 Mei 2024 11:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Bagi pengendara yang suka meletakkan salah satu jari tangan di tuas rem, kebiasaan tersebut bisa berbahaya. Posisi jari tangan yang stand by di tuas rem membuat refleks pengendara terhadap objek yang bergerak di depannya akan terlalu cepat.

Namun, bukannya jari tangan stand by di tuas rem depan bertujuan agar lebih sigap melakukan pengereman? "Benar. Tapi, otak cenderung akan memberi sinyal refleks untuk mengerem sekuatnya bila ada potensi bahaya di jalan, misalnya orang menyeberang sembarang,” kata Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Agus Sani dalam keterangan resmi.

Ia menambahkan, potensi kecelakaan bisa meningkat bila pengendara panik dan menekan tuas rem depan dengan kuat. "Dalam kondisi panik, ada kemungkinan tuas gas belum tertutup penuh. Di saat bersamaan, jari tangan kanan sudah refleks menarik tuas rem," papar Agus.

Selanjutnya, kemungkinan terburuk jari tangan di tuas rem adalah pengendara terjungkal karena ban depan terkunci atau slip, mengingat sensitivitas rem depan cukup tinggi.

“Maka, hindari jari tangan stand by di tuas rem depan agar tetap utamakan berkendara aman saat naik motor," ujar Agus.

Ketika dihadapkan dengan situasi tidak terduga dan memerlukan pengereman, jaga arah roda motor berada pada keadaan lurus agar keseimbangan tetap terjaga.

Kecelakaan sepeda motor yang diakibatkan oleh human error atau kesalahan manusia masih menjadi penyebab utama tingginya kecelakaan di Indonesia. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.