Motor Ditinggal Lama, Tangki Bensin Harus Penuh atau Kosong?

Motor Ditinggal Lama, Tangki Bensin Harus Penuh atau Kosong? Bahaya motor injeksi kehabisan bensin.
Rabu, 15 Mei 2024 14:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Entah karena ada urusan di luar kota atau liburan, motor kesayangan bisa ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama. Lalu, terdapat pertanyaan yang muncul saat hendak meninggalkan motor, yaitu apakah tangki bensin harus diisi penuh atau justru dibiarkan kosong?

Kondisi bahan bakar minyak (BBM) pada tangki motor harus full dianggap agar tidak tercampur partikel-partikel lain yang bisa terhisap ke mesin dan mengganggu pembakaran.

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Reza Resdie pendapat tersebut tidak salah. Namun, kondisi itu lebih cocok buat motor yang ditinggal dalam jangka panjang.

Tapi, bagi motor yang ditinggal tidak lebih dari seminggu, ternyata masih aman apabila tangki terisi tidak sampai penuh.

"Untuk motor yang ditinggal di rumah dalam waktu singkat, disarankan volume bahan bakarnya jangan full. Tetap ada, jangan dikosongkan. Hal ini meminimalisir seandainya ada kejadian (kebakaran), itu kan bisa membuat api semakin besar,” kata Reza saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika tidak mengisi tangki bensin sampai penuh, penting buat menjaga kondisi lingkungan sekitar tempat motor parkir atau meminimalisir potensi bahaya.

"Potensi terjadinya kebakaran, atau bahan-bahan yang mudah terbakar sebaiknya dihindari," papar Reza.

Selain itu, jika motor tidak dirawat dengan benar, tangki bensin berpotensi mengalami karat dan menyebabkan kebocoran. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.