Rem Tromol Motor Timbul Suara Berdecit, Ini Penyebabnya

Rem Tromol Motor Timbul Suara Berdecit, Ini Penyebabnya Ilustrasi rem tromol pada motor.
Kamis, 27 Juni 2024 22:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Beberapa tipe motor umumnya menggunakan dua jenis rem, yaitu tromol dan cakram. Rem tipe tromol pun seringkali mengeluarkan suara berdecit. Lantas, apa penyebabnya?

Gangguan suara berdecit itu bisa sangat menggangu, dikarenakan bagian dalam tromol sudah kotor. "Kondisi tersebut wajar dialami rem tromol, dikarenakan kampas rem itu bergesekan dengan rumahnya. Lalu gesekan tersebut menimbulkan debu yang lama kelamaan akan menumpuk di dalam tromol," ujar Senior Analyst New Model Service and Publication Dept PT Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edhi saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, ia menjelaskan debu di area tromol tidak akan bisa keluar. Sehingga, menyebabkan gumpalan ketika lembab yang akan lengket di bagian pengereman dan menimbulkan bunyi.

"itu sebabnya kenapa jika habis hujan atau motor dicuci, motor berdecit, tapi kalau kondisi kering akan normal lagi. Kotoran tersebut harus dicek dan dibersihkan biar pengeremannya juga bekerja dengan baik," ujar Edhi.

Untuk menghilangan suara berdecit, rem tromol harus dibongkar, dilepas roda dari as-nya lalu dibersihkan dengan sikat dan air sabun. "Jadi jangan hanya disemprot dengan air atau angin karena tidak akan bersih secara maksimal," ujar Edhi.

Kotoran atau debu yang menempal pada rem akan berbahaya, karena roda bisa mengunci. Imbasnya motor akan kehilangan traksi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.