Sudah Tepatkah Posisi Anda Mengendarai Sepeda Motor?

Senin, 15 Juli 2024 12:00
Gemilang Isromi Nuar

Dengan posisi tubuh yang ideal kita akan lebih terhindar dari kelelahan yang sangat berat.

Sudah Tepatkah Posisi Anda Mengendarai Sepeda Motor? Ilustrasi posisi berkendara motor.

OTORIDER - Kenyamanan dan keselamatan adalah hal yang wajib dalam melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor. Mengendarai motor sendiri diperlukan posisi tubuh yang ideal. Dengan posisi tubuh yang ideal, pengendara akan terhindar dari kelelahan.

"Penentu pengendara bisa kecelakaan atau selamat dilihat dari postur saat berkendara. Riding posture saat berkendara itu penting," kata Instruktur Berkendara dari PT Daya Adicipta Motora (DAM), Amizar Maas saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu.

Dengan posisi tegak dan rileks, Anda tidak mudah capek dalam berkendara. Selain itu, posisi tangan harus ada tekukan di siku, kondisi tangan akan sangat lelah jika terlalu lurus. Penggunaan empat jari pada setang juga berfungsi sebagai salah satu standar keamanan dalam berkendara. "Pastikan posisi tangan dan kaki ada di tempatnya. Tangan memegang handle di setang dan kaki ada di posisi dek depan," papar Amizar.

Terkadang tanpa disadari, bagian kaki pengendara berada di luar dek. Padahal posisi ini penting untuk diperhatikan. Posisi lutut hingga kaki harus ke arah depan dengan posisi rapat. Posisi seperti itu sangat baik untuk melindungi badan dan juga memudahkan dalam menyeimbangkan sepeda motor.

"Pandangan mata selalu lihat jauh ke arah depan dan posisi pinggul saat duduk di jok, kaki masuk ke sayap motor atau di dalam dek," ujar Amizar.

Dengan pandangan mata ke depan, maka segala potensi bahaya bisa terlihat. Sehingga bisa memprediksi bahaya tersebut. Jika sudah menerapkan posisi tubuh seperti di atas, berkendara dengan motor tidak mudah lelah dan menjadi lebih aman. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.
WhatsApp Channel
Telegram Channel
Google News
Bagikan  

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.