Tips Rawat Motor Usai Touring dan Cara Bedakan Pelumas Mesin Palsu

Tips Rawat Motor Usai Touring dan Cara Bedakan Pelumas Mesin Palsu Yamaha XMAX Equatoride 2023.
Kamis, 18 Januari 2024 12:30
Thio Pahlevi

OTORIDER - Perjalanan touring sejauh sekitar 2.200 kilometer menyusuri jalur Trans Kalimantan bertajuk Equatoride 2023 usai terselenggara. Touring ini bertujuan untuk menyusuri jalur khatulistiwa yang membentang dari Pontianak, Kalimantan Barat menuju Samarinda, Kalimantan Timur. Lantas, usai menempuh perjalanan jauh, bagaimana perawatan motor yang perlu dilakukan?

Pertama, lakukan pengecekan pada sejumlah komponen, salah satunya adalah sistem pengereman. Periksa kondisi ketebalan kampas rem serta piringan cakram. Segera ganti apabila kedua komponen tersebut telah memasuki usia penggantian atau aus.

Selanjutnya, perhatikan area roda serta ban. Cek indikator keausan pada ban. Apabila permukaan atau kembangan ban telah mendekati atau bahkan melewati TWI, segera lakukan penggantian. Hal ini karena kondisi ban yang sudah aus berisiko besar membuatnya licin dan menyebabkan pengendara terjatuh.

Terakhir, periksa kondisi kelayakan oli mesin. Usai digunakan untuk perjalanan jarak jauh, sebaiknya segera mengganti oli mesin. Volume oli mesin yang berkurang tentu membuat sistem pelumasan menjadi tidak maksimal. Lebih parahnya lagi, berisiko merusak komponen bagian dalam mesin.

Desain
Oli mesin Yamalube.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti oli mesin adalah memeriksa keaslian produknya. Hal itu bisa dilakukan dengan membeli di bengkel resmi. Oli mesin motor Yamaha, yakni Yamalube misalnya sudah tentu terjaga keasliannya bila didapatkan di bengkel resmi Yamaha.

Selain itu, keaslian oli mesin Yamalube dapat Anda buktikan dengan cara melakukan scan QR code yang terdapat di balik label kemasan. Oli Yamalube sendiri tersedia dalam beberapa pilihan produk untuk berbagai jenis motor, di antaranya adalah Power Matic, Super Matic, Sport, Super Sport, RS4GP, dan XP-50.

Pada awal Desember 2023 lalu, Yamaha juga meluncurkan desain botol anyar oli Yamalube. Ubahan kemasan pelumas ini diklaim memberikan kesan yang lebih futuristik. Selain itu, tersedia pula berbagai fitur guna menjamin keasliannya.

Agung Budi Raharja selaku General Manager Part Operation Division YIMM mengungkapkan hal ini merupakan upaya Yamaha dalam menghadirkan oli asli berkualitas kepada konsumen. Kabarnya, oli ini telah didistribusikan secara bertahap ke seluruh wilayah Indonesia sejak November 2023 dan tersedia di dealer resmi, bengkel serta official store Yamaha di marketplace.

"Berbagai fitur anyar yang tersemat pada botol, tidak hanya sekadar memberikan tampilan yang lebih futuristik, tetapi lebih dari itu, juga untuk mempermudah konsumen dalam mengidentifikasi keaslian oli yang mereka beli. Baik itu dari segi tampilan fisik botol dan juga verifikasi kode unik melalui QR code di balik label. Selain itu, botol baru ini juga menjadi bukti semangat Yamaha dalam menjaga kelestarian lingkungan, karena lebih praktis saat didaur ulang," kata Agung. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.