<
 
Jangan Kebanyakan Ngopi Saat Berkendara Jauh, Begini Penjelasannya

Jangan Kebanyakan Ngopi Saat Berkendara Jauh, Begini Penjelasannya

Meminum kopi biasa dilakukan saat istirahat ketika melakukan perjalanan turing. Sebenarnya minum kopi tidak dilarang, tapi hanya dibatasi takarannya saja.

Menurut Dokter PMI Bogor, dr Adhi Rommy, bahwa kopi memilki kandungan kafein yang cukup tinggi. Alhasil, disarankan untuk tidak berlebihan meminum kopi khususnya saat berkendara motor dengan rute yang jauh.

“Dianjurkan hanya satu sampai dua cangkir sehari. Jangan sampai berlebih karena akan memberikan efek yang kurang baik dan berbahaya untuk pengendara sepeda motor,” ujar dr Adhi Rommy.

Adhi Rommy menambahkan, jika kebanyakan meminum kopi, maka jantung akan dipompa dan bekerja lebih kencang serta peredaran darah semakin cepat. Nah, jika efek dari kafein habis, maka yang dirasakan tubuh adalah letih dan bisa menurunkan konsentrasi.

Efek lain dari kafein adalah efek dieretik yang membuat naiknya laju urinasi. Alhasil bisa lebih cepat membuang cairan di dalam tubuh melalui urine dan keringat sehingga menyebabkan mudah dehidrasi. Jika sudah terjadi, maka harus diimbangi dengan meminum air putih sebanyak 1,5 hingga 2 liter perhari.

Efeknya kebanyakan kopi saat perjalanan jarak jauh atau turing, bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi, ditambah lebih cepat terasa lelah.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id