SMK Binaan Honda Ubah Limbah Menjadi Sesuatu Yang Bermanfaat, Begini Ceritanya

SMK Binaan Honda Ubah Limbah Menjadi Sesuatu Yang Bermanfaat, Begini Ceritanya
Jumat, 23 Maret 2018 14:25
Angga M

SMK Binaan Honda telah berhasil mengubah limbah menjadi sumber yang bermanfaat. Seperti yang dilakukan SMK Binaan Wanaha, yaitu SMK Excellent 1 Tangerang yang mengubah oli bekas praktek siswa dan bisnis Honda diubah menjadi bahan bakar Kompor Bahan Bakar Oli Bekas (BBOB).

Bukan hanya dengan bahan bakar oli bekas, melainkan juga menciptakan karya yang menggunakan limbah bengkel praktek sekolah mereka. Inovasi dan ide ini dilombakan dengan tema ‘Wahana Waste Competition’ bertempat di training centre Wahana Jatake Tangerang (22/3).

Terpilihnya enam SMK hasil penyaringan dari 35 proposal yang mengikuti kompetisi ini. SMK yang terpilih menyajikan presentasi hasil karya di hadapan juri yakni SMK Excellent 1 Tangerang dengan karya kompor bahan bakar oli bekas, SMK 53 Jakarta dengan karya botol oli bekas menjadi tempat multigua seperti tempat sabun, pot dan lampu, serta SMK Jaya Buana dengan karya Buana Smart Light.

Sementara untuk SMK 93 Jakarta dengan karya kipas angin portable, dan SMK Mutiara Bangsa dengan karya alat pemotong singkong serta SMK Yuppentek dengan hasil karya listrik tenaga hidro.

SMK Binaan Honda

"Tidak hanya membuat karya dari limbah, peserta wajib mempresentasikan analisa target pasar, hingga rencana promosi, kemudian tidak hanya menguntungkan bagi pribadi namun diharapkan karya mereka dapat ikut bermanfaat untuk orang sekitar,” ujar Ronnal Prawira, Head of Corporate Social Responsibility Wahana sekaligus ketua Yayasan Wahana Artha.

Juri dalam Wahana Waste Competition dilakukan oleh praktisi dan pelaku industri kreatif, salah satunya adalah Arto Subiantoro CEO Gambaran Indonesia yang memiliki program Big Circle di Metro TV. Tidak hanya mencermati ide dan hasil karya, para juri juga berikan saran membangun kepada setiap tim yang tampil dalam kompetisi ini.

Selain memperebutkan hadiah, juara satu kompetisi ini otomatis akan menjadi perwakilan SMK Jakarta Tangerang pada kontes Astra Honda Best Student (AHMBS) 2018. "Juara pertama kompetisi ini akan kami berikan pendampingan dan pembekalan materi lebih dalam untuk kontes nasional Astra tahun ini, " tutup Ronnal.

Pemenang Wahana Waste Competition  

1. SMK Jaya Buana Tangerang dengan tema Buana Smart Light

2. SMK Excellent 1 Tangerang dengan tema Kompor Berbahan Bakar Oli Bekas

3. SMK 53 Jakarta dengan tema Pengolahan Limbah Botol Oli Bekas Pelumas Menjadi Produk Wadah Handsoap

SMK Binaan Honda

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.