Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkendara, Apa Saja?

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkendara, Apa Saja?
Kamis, 12 September 2019 14:00
Brian

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menunggangi sepeda motor. Biasanya pengendara motor jarang sekali memperhatikan hal-hal ini sebelum berpergian dengan sepeda motornya. Padahal dalam penggunaan sepeda motor perlu perhatian yang sangat ekstra dalam menunjang keamanan berkendara.

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Wahana mengatakan pertama yang perlu diperhatikan adalah persiapan fisik. Menurutnya pengendara motor harus mengetahui kesiapan fisiknya dan sanggup membawa sepeda motor.

   Baca Juga: Ini Penyebab Motor Karburator yang Ditinggal Seminggu Jadi Susah Nyala

"Kedua dia harus pakai riding gearnya, mulai dari kepala sampai dengan kaki. Seperti helm, jaket, sepatu, sarung tangan, dan celana panjang. Lalu surat-surat juga jangan lupa harus di cek, karena penting," ujar Agus saat ditemui OtoRider di Tangerang, Rabu (11/9).

Riding sore Cleveland Cyclewerks

 

Agus menjelaskan setelah persiapan diri lengkap, pengendara harus melakukan pengecekan pada sepeda motor. Mulai dari pengecekan oli, rantai, ban, busi, rem, dan fungsi kelistrikan. Fungsi kelistrikan pun dianggap paling penting karena menjadi sebuah alat komunikasi di jalanan dengan pengendara lain.

   Baca Juga: Ini yang Terjadi Kalau Malas Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor

"Cek juga bensin di dalam tangki, karena kadan orang hanya melihat dari indikator saja. Sedangkan terkadang indikator juga engga optimal atau engga tepat. Jadi harus di cek kembali," ujar Agus.

Setelah semua faktor yang disebutkan di atas telah terpenuhi. Berarti pengendara telah siap membawa motornya sebagai alat transportasi. Tentunya selain menjadi faktor pengecekan keamanan, pengecekan dapat membuat pengendara menjadi tidak risau ketika berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.