Dugaan Teknis Penyebab Kebakaran Motor Yamaha Soul GT di Kemenlu

Dugaan Teknis Penyebab Kebakaran Motor Yamaha Soul GT di Kemenlu

Kemarin sore telah terjadi kebakaran dari sebuah sepeda motor di area parkir gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Diduga motor yang terbakar habis di bagian belakangnya itu adalah Yamaha Soul GT. Kabar baiknya, kejadian tersebut tidak memakan korban walaupun motor naas tersebut tampaknya tidak bisa diselamatkan lagi.

Dari kejadian tersebut tim OtoRider mencoba mencari tahu penyebab kebakaran. Tim redaksi pun mencoba menghubungi M. Abidin selaku General Manager Aftersales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

   Baca Juga: Salah Kaprah Penggunaan Lampu Hazard di Motor, Pahami Fungsi Sebenarnya

Setelah kami infokan dan memberikan gambar visual terkait motor yang telah terbakar, Abidin mengatakan kemungkinan penyebab kebakaran adalah arus DC. "Ada modul tuh, karena kalau kebakar modelan begini arusnya DC. Motor dalam keadaan diam ya, berarti kan yang aktif arus DC. DC itu kan arus dasarnya dari aki, tinggal dia (pemilik motor) itu pasang apa?," ungkap Abidin saat dihubungi OtoRider via telepon, Rabu (7/8).

Dirinya menyebutkan, semua komponen kelistrikan di bagian belakang motor Soul GT adalah arus AC. Dirinya pun menduga terdapat alarm atau kunci rahasia yang biasa dipasangkan oleh pemilik motor untuk meningkatkan sistem keamanannya.

   Baca Juga: Tabrak Pengendara Motor Lawan Arah, Siapa yang Salah?

"Mungkin alarm atau kunci rahasia, karena stoplamp itu semua AC. Kemungkinan pemicunya ya arus DC harusnya, karena kalau arus AC motornya hidup baru arusnya bekerja," jelas Abidin.

Dirinya pun menjelaskan perkiraan proses terjadinya kebakaran pada motor tersebut. Berdasarkan gambar yang telah tersebar di jagat internet. Menurutnya, proses terbakarnya motor itu bukanlah dari bensin. Karena tidak terdapat bekas hangus terbakar pada bagian bodi motor. Justru hanya terjadi lelehan pada bagian bodi belakang dan samping motor.

"Bahan bakar tidak ada yang bocor, tangkinya tidak terbakar. Justru tail light kebakar, cover samping kebakar, artinya di jalur kabel semua. Jadi seperti dituntun merambat. Kalau saya lihat memang berawal dari kabel, hampir semua asalnya dari kabel dan yang pasti arus DC karena dia lagi diam," tutup Abidin.

Hingga saat ini belum ada info terkini terkait penyebab kebakaran. Pihak kepolisian pun masih dalam tahap penyelidikan terkait penyebab kebakaran motor tersebut.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id