First Ride Peugeot Metropolis, Si Roda 3 Yang Mewah

First Ride Peugeot Metropolis, Si Roda 3 Yang Mewah
Jumat, 4 September 2015 12:50
Okky Zulham Hadi

Berbekal mesin 400 cc, Peugeot Metropolis dirasa cukup bertenaga. Bahkan diatas kertas produk pabrikan asal Perancis tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 37,2 hp di 7.250 rpm serta torsi 38,1 Nm di 5.500 rpm. Mau tahu performa sebenarnya sang jagoan baru Peugeot Scooter ini? Mari disimak.

Dihadirkan perdana oleh PT Garansindo Technologies di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Peugeot Metropolis siap menjegal langkah Piaggio MP3 Yourban yang hadir lebih dahulu mengisi segmen skutik roda 3 di Indonesia.

Padangan pertama, skutik ini terlihat mewah dan gagah. Dan begitu menaikinya, pengendara langsung disambut dengan nyamannya jok motor 400 cc ini. Bahkan tingkat kenyamannya bisa dibilang lebih ketimbang Peugeot City Star. Pengendara juga disapa dengan fitur-fitur on-board computer yang terdapat di speedometer antara lain informasi tekanan ban, Multi Information Display (MID), informasi suhu, aki dan lainnya.

Saat selongsong gas diputar setengah, tenaga yang dikeluarkan terasa smooth dan tidak menghentak. Namun saat putaran gas penuh, akselerasinya cukup bertenaga, sayang trek yang disediakan kurang panjang tapi cukup untuk merasakan tenaga skutik asal Perancis ini di putaran bawah.

Persoal handling, rasanya tidak seperti skutik pada umumnya. Berbekal suspensi depan yang berbeda perlu sedikit trik saat bermanuver. Ini dikarenakan radius putarnya agak lebar. Kira-kira mirip dengan Piaggio MP3 yang juga pakai dua roda depan. Saat diajak berlari pelan motor ini terasa cukup mengasyikan. Namun karena punya bobot 256 kg membuatnya terasa berat saat bermanuver di kecepatan rendah.

Sementara posisi berkendara pun terasa mantap bahkan bagi pengendara yang memiliki tinggi badan diatas 170 cm. Tidak perlu takut jika lutut akan mentok dengan setang saat membelokan motor.

Dan berkat fitur Dual Tilting Wheels (DTW), Metropolis mampu berdiri tegak saat berhenti. Jadi pengendara tidak perlu repot menurunkan kaki saat motor berhenti. Tidak hanya itu, ditambah dengan tombol rem parkir di tengan setang yang menjaga motor tidak bergerak ketika parkir di tempat yang miring. Kemudian dilengkapi juga dengan smart-key. Teknologi ini semacam immobilizer yang dapat mendeteksi dari jarak 1,5 meter, jadi tidak memerlukan kunci lagi untuk menghidupkan mesin.
Dipasarkan seharga Rp 219 juta dengan status off the road, si roda tiga ini ditawarkan dalam lima pilihan warna, yaitu pearly black, titanium, pearly white, safron red dan snow white. (otorider.com)

Data Spesifikasi Peugeot Metropolis :

Tipe mesin : 1-silinder, 4-stroke, 4-valve, liquid-cooled
Bore x stroke : 84 x 72 mm
Kapasitas mesin : 399 cc
Sistem bahan bakar : fuel injection
Power : 37,2 HP (27,4 kW) / 7.250 rpm
Torsi : 38,1 Nm / 5.500 rpm
Dimensi (P x L x T) : 2152 x 775 x 1450 mm
Seat height : 780 mm
Wheelbase : 1500 mm
Berat : 256 kg
Suspensi depan : DTW, hydraulic shock absorber
Suspensi belakang : 4-step adjustable, double shock absorber
Rem depan : disc brake diameter 200 mm (x2)
Rem belakang : disc brake diameter 240 mm
Ban depan : 120/70-12 (x2)
Ban belakang : 140/70-14
Kapasitas tangki bensin : 13,5 liter

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.