Waspadai Empat Hal Penyebab Ban Motor Cepat Rusak

Waspadai Empat Hal Penyebab Ban Motor Cepat Rusak
Selasa, 28 Januari 2020 14:00
Thio Pahlevi

Ban menjadi salah satu bagian penting dari sepeda motor yang bersentuhan langsung dengan jalan. Jika kondisi ban sudah tak optimal, tentunya akan membahayakan pengendara itu sendiri karena daya cengkram ban sudah berkurang.

Ban yang kehilangan traksi dapat membuat motor mengalami slip atau bahkan terjatuh. Agar kondisi ban tetap awet, jangan melakukan hal-hal yang dapat merusak ban sehingga usia pakainya menjadi lebih cepat.

   Baca Juga: Tips Rawat Busi Motor Agar Tetap Awet

Nah, apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan ban motor cepat rusak? Berikut OtoRider sajikan beberapa penyebabnya yang dikutip dari akun Instagram resmi Maxxis Indonesia, @maxxis.id.

Hal pertama yang dapat merusak ban adalah mencuci ban menggunakan sabun. Biasanya, cara ini dilakukan untuk membersihkan ban dari kotoran yang menempel. Namun faktanya, ban yang sering dicuci menggunakan sabun akan menjadikanya mudah keras dan mengalami keausan.

Ban, Nitrogen, tekanan angin

 

Selanjutnya, menyemir ban juga dapat mengakibatkan kerusakan. Semir ban ternyata dapat membuat ban menjadi lebih keras, sehingga daya cengkramnya pun berkurang. Jika dibiarkan, ini akan mengakibatkan akselerasi dan fleksibilitas berkendara menjadi tak maksimal.

Penyebab ban cepat rusak yang ketiga adalah tidak melakukan pengecekan tekanan angin ban secara berkala. Meskipun terlihat sepele, hal ini seringkali diabaikan oleh para pengendara.

   Baca Juga: Moge yang Bisa Dibawa Pulang Dengan Harga Rp 70 Jutaan

Tekanan angin yang berlebihan atau justru kurang dapat menyebabkan sejumlah kerusakan, seperti tapak ban habis secara tidak rata, ban mudah retak, serta handling tidak stabil. Lebih buruk lagi, bisa menyebabkan ban pecah karena temperatur di dalamnya menjadi lebih tinggi.

Terakhir, tidak mengecek tutup pentil. Meskipun hanya berupa benda kecil, fungsi tutup pentil sangat berguna untuk mengindari kotoran masuk ke dalam pentil yang dapat menyebabkan tersumbat, korosi, atau bahkan mengalami kebocoran.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.