Jadwal Penggantian Komponen Motor Balap MotoGP

Jadwal Penggantian Komponen Motor Balap MotoGP

 

Kecepatan dan ketelitian menjadi hal yang sangat penting dalam ajang balap. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika motor yang digunakan saat balapan memiliki standar perawatan yang sangat ketat dan menyeluruh. Hal ini pun seperti yang terjadi dalam balap MotoGP, khususnya tim Repsol Honda.

Saat ini, tim Repsol Honda menggunakan motor Honda RC213V yang ditunggangi oleh Marc Marquez dan Alex Marquez. Dilansir dari Box Repsol, motor yang diperkirakan memiliki sekitar 2.000 bagian dan komponen terpisah ini harus diperiksa dan beberapa diantaranya perlu dilakukan penggantian komponen setiap usai balapan. Apa saja yang diperiksa?

   Baca Juga: Tips Anti Lecet untuk Body All New Honda PCX 150

Ban

Ban memiliki masa pakai yang cukup cepat. Umumnya ban diganti setiap sesi balap berakhir. Bahkan, terkadang ban bisa diganti saat sesi balap masih berjalan. Ban untuk balap MotoGP tersebut umumnya bertahan hanya untuk penggunaan sekitar 120 km.

Oli Mesin

Level ketinggian atau volume oli mesin rutin diperiksa pada setiap sesi dan diisi ulang jika memang diperlukan. Agar motor tetap optimal, oli mesin yang sudah digunakan saat balapan akan dikeringkan dan baru diisi kembali menjelang balapan.

Repsol Honda Team MotoGP

Rantai dan Sprocket

Bagian-bagian ini diperiksa, dilumasi, serta dikencangkan setelah sesi balap, dan komponen ini hanya diganti jika perlu. Komponen tersebut umumnya memiliki usia pakai sekitar 500 km. Sprocket, baik depan dan belakang, bertahan hampir dua kali lebih lama, sehingga biasanya diganti usai dua seri balap MotoGP.

   Baca Juga: Kesalahan Pengisian Volume Oli Mesin Motor Bisa Berakibat Fatal

Mesin

Kedua pembalap biasanya dibekali sebanyak 7 mesin dalam setiap musim balap. Sesuai dengan aturan, mesin tersebut disegel untuk mencegah pemeliharaan atau modifikasi internal. Ketika mesin diganti, seluruh mesin dikeluarkan dan yang baru dimasukkan. Usia pakai mesin tersebut bergantung pada keputusan tim itu sendiri.

Rem

Rem dan bantalan rem dapat digunakan kembali jika tidak terlalu aus dari sesi sebelumnya. Biasanya rem memiliki perkiraan masa pakai berkisar antara 800 dan 1.000 km.

Repsol Honda Team MotoGP

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id