Ternyata Ferrari Pernah Bikin Motor Gede Empat Silinder

Ternyata Ferrari Pernah Bikin Motor Gede Empat Silinder
Jumat, 27 Desember 2019 10:00
Brian

Ferrari merupakan pabrikan mobil supercar yang berasal dari Italia. Meskipun memfokuskan pada produksi mobil, ternyata Ferrari pernah membuat sebuah sepeda motor. Dilansir dari RideApart, Ferrari pernah membuat sebuah sepeda motor di tahun 1990-an.

Motor buatan Ferrari itu dibangun oleh David Kay yang berasal dari David Kay Engineering. Dirinya mendapatkan izin tertulis untuk membuat motor dari putra Enzo Ferrari, yakni Piero Ferrari. Motor itupun dibuat sebagai bentuk penghargaan kepada Enzo Ferrari.

   Baca Juga: Jangan Ngaku 'Anak Motor' Kalau Belum Tahu T-CLOCK

Saat memulai membangun motor ini, Kay tidaklah sendirian. Dirinya memang membuat desain awal secara khusus pada mesin motor empat silinder DOHC 900 cc. Kemudian bodi-bodi dari alumunium dan knalpot megaphone dibuat oleh Terry Hall. Suspensi upside down di bagian depan dibantu oleh Forcelle Italia. Kemudian Velg 17 inci dibuat oleh Australite yang lengkap dengan rem depan dan belakang dari Brembo.

Motor Ferrari 900 cc

 

Hasilnya, motor ini lahir dengan bobot 172 kg dan mampu mencapai kecepatan maksimal 265 km/jam. Mesin yang dirancang oleh Kay mampu mengeluarkan tenaga maksimal 105 bhp pada 8.800 rpm. Namun sebenarnya motor ini tidak pernah menunjukkan kemampuannya di jalan raya, karena memang ditujukkan sebagai sebuah karya seni.

   Baca Juga: Terungkap! Ini Biaya yang Dikeluarkan Tim MotoGP Jika Motornya Terjatuh

Motor ini pun saat ini sering keluar masuk rumah lelang. Nilai terakhir dari lelang pada motor ini mencapai USD 308.281 atau setara dengan Rp 4,2 miliar. Sayangnya, pihak Ferrari tidak ingin memproduksi motor ini secara masal.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.