Tips Rawat Slang Radiator Agar Tak Cepat Getas

Tips Rawat Slang Radiator Agar Tak Cepat Getas
Sabtu, 28 Desember 2019 06:00
Thio Pahlevi

Peran sistem pendingin pada motor tentunya cukup vital dalam menjaga suhu mesin agar tidak mengalami overheat. Sistem pendingin mesin sendiri terdiri dari beberapa komponen, diantaranya adalah selang radiator yang terdapat pada mesin berpendingin cairan.

Umumnya, selang radiator terbuat dari bahan karet dan memiliki fungsi untuk mengalirkan cairan pendingin dari radiator ke mesin. Agar tetap bekerja optimal, ternyata selang radiator juga perlu dirawat.

   Baca Juga: Pernah Lihat Kantung Kecil Ini di Motor Matik? Apa Fungsinya?

Perawatan tersebut ditujukan agar selang tak mudah getas dan bisa menyebabkan retak serta bocor. Nah, bagaimana cara merawatnya?

"Perawatannya sebenarnya tidak terlalu susah. Cukup berikan pelumas secara merata kemudian dilap agar sisa pelumas tidak menetes. Ini untuk menghindari getas," kata Eddy Yulianto, Kepala Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki Fatmawati, Jakarta Selatan pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Terungkap! Ini Biaya yang Dikeluarkan Tim MotoGP Jika Motornya Terjatuh

Seiring waktu dan pemakaian, biasanya selang radiator akan menjadi kusam dan kering. Hal ini diakibatkan oleh suhu panas dari mesin, suhu sekitar, atau perubahan cuaca.

"Fungsi pelumas ini mirip seperti pelembab kulit pada manusia. Jadi, bisa menjaga selang supaya tidak getas ataupun retak yang kemudian menyebabkan kebocoran," jelas Edoy, panggilan akrabnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.