BMW Kembangkan Motor Sport Berteknologi Supercharger?

BMW Kembangkan Motor Sport Berteknologi Supercharger?

Motor berkapasitas 1.000 cc didunia superbike memang tidak memiliki pasar yang besar. Tetapi jika pada kelas ini pabrikan motor lebih memikirkan soal kompetisi mereka, terutama dari segi kekuatan. Oleh karenanya, BMW dikabarkan secara resmi membuat proyek baru dengan motor superbike berkode M1000RR.

Dilansir dari GreatBiker, BMW M1000RR merupakan motor sport full-fairing seperti S1000RR yang telah dipasarkan saat ini. Tetapi tampaknya proyek baru ini menciptakan spesifikasi yang lebih besar dengan teknologi supercharger. Kabarnya, supercharger yang akan digunakan oleh BMW berbeda dari Kawasaki Ninja H2 dan ZH2.

   Baca Juga: Meluncur di Indonesia, Berikut Fitur Lengkap BMW S1000XR

Dari laporan menyebutkan basis mesin akan menggunakan teknologi yang sama seperti S1000RR dengan variable valve system. Namun mesin itu akan diintegrasikan menggunakan electric supercharger system atau electric compression system. Tentunya tambahan teknologi ini diharapkan bisa memberi efisiensi, torsi, dan tenaga maksimum dari mesin normal.

BMW S1000RR

 

Laporan juga mengatakan teknologi electric compression system akan menjadi sebuah revolusi terbaru pada mesin motor. Ditambah material pada M1000RR dikabarkan lebih ringan dari motor BMW sebelumnya.

   Baca Juga: Tanggapan Honda Soal Gosip Vario dan PCX Bermesin 157 cc

Dengan segenap teknologi yang disebutkan di atas, diharapkan M1000RR akan memiliki tenaga yang lebih besar dari S1000RR. Jika S1000RR sudah mendapatkan tenaga 203 dk, kemungkinan projek baru ini memiliki tenaga yang lebih besar hingga 12-16 dk. Artinya M1000RR memiliki tenaga hampir mencapai 220 dk.

Harapannya pada tahun 2021 kita akan mendengar kabar terbaru tentang proyek baru motor BMW ini. Tetapi perlu diketahui, hal ini masih sebatas rumor belaka. Hingga saat ini masih belum terdapat informasi lebih lanjut soal M1000RR, baik gambar paten ataupun rinciannya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id