Cara Pertamina Cegah Penyebaran Virus di SPBU

Cara Pertamina Cegah Penyebaran Virus di SPBU
Senin, 23 Maret 2020 15:00
Brian

Penyebaran virus corona alias Covid-19 di Indonesia sudah semakin serius. Pertamina selaku perusahaan yang menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kendaraan bermotor pun melakukan antisipasi. Hal ini dilakukan demi pelayanan BBM tetap berjalan meskipun dalam kondisi siaga Covid-19.

Fajriyah Usman selaku VP Corporate Communication Pertamina mengatakan terdapat beragam upaya yang dilakukan agar masyarakat merasa aman. Pertamina juga menerapkan sejumlah prosedur tambahan untuk mengatasi penyebaran virus. Sehingga konsumen merasa aman untuk melakukan pengisian BBM.

   Baca Juga: Cegah Corona, Grab Hadirkan Layanan 'Pemesanan Tanpa Kontak'

"Seperti kita tahu, SPBU merupakan tempat publik dimana banyak orang yang berlalu-lalang. Sehingga kami menerapkan prosedur tambahan, bukan saja untuk mengantisipasi virus, tetapi juga menjaga operator SPBU sebagai garda terdepan kami. Bagaimanapun mereka merupakan bagian penting yang bertugas melayani masyarakat secara langsung," ujar Fajriyah melalui keterangan tertulis yang dikirimkan kepada OtoRider.

SPBU Pertamina Atasi Penyebaran Covid-19

 

Berikut sejumlah upaya yang dilakukan Pertamina pada SPBU, antara lain: 
1. SPBU melakukan pemeriksaan suhu kepada setiap petugas SPBU yang akan memulai dan mengakhiri shift bertugas.
2. Seluruh petugas SPBU Pertamina wajib menggunakan masker dan menjaga jarak dengan konsumen sekitar 1,5 meter.
3. Petugas SPBU juga menggunakan sarung tahan berbahan karet saat proses penerimaan dan pengembalian uang serta menghindari menyentuh wajah.
4. SPBU menyediakan hand sanitizer atau alcohol lebih dari 60% di setiap pulau pompa ataupun area dengan tingkat interaksi yang tinggi. Petugas SPBU diwajibkan membersihkan tangan setiap kali melayani transaksi.
5. Untuk SPBU yang menyediakan layanan self service, SPBU menyediakan petugas yang rutin membersihkan nozzle dengan disinfektan.
6. Area kantor dan fasilitas lainnya terutama yang sering dikunjungi konsumen seperti toilet dan musholla, juga dibersihkan secara rutin dengan disinfektan.
7. Konsumen dihimbau untuk menggunakan metode pembayaran cashless.
8. Apabila ada pelayanan yang kurang sesuai, konsumen dapat menghubungi 135.

   Baca Juga: Harley-Davidson Amerika Stop Produksi Setelah Satu Karyawan Tertular Corona

Upaya yang dilakukan di atas telah dilakukan di semua jaringan distribusi Pertamina. Sehingga masyarakat tidak perlu panik dalam membeli BBM maupun LPG.

“Pertamina telah menginstruksikan seluruh SPBU dan agen/pangkalan resmi untuk melakukan langkah-langkah seperti di atas. Apabila ada masyarakat yang merasa ada ketidaksesuai prosedur atau membutuhkan informasi tambahan mengenai layanan Pertamina, maka dapat menghubungi Pertamina Call Center 135,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.