Cerita Konsumen Ninja ZX-25R Alami Masalah Fitur Elektronik

Cerita Konsumen Ninja ZX-25R Alami Masalah Fitur Elektronik
Sabtu, 29 Agustus 2020 09:00
Brian

Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan motor sport 250 cc berkonfigurasi 4-silinder yang sedang digandrungi pecinta roda dua. Selain mesinnya yang istimewa, motor ini juga memiliki sejumlah fitur unggulan pada kelas motor sport 250 cc. Namun OtoRider menemukan salah satu pemilik motor tersebut mengalami kerusakan di fitur-fiturnya.

Joko Prasetyo selaku pemilik Kawasaki Ninja ZX-25R menyebutkan fitur-fitur elektronik pada motornya sempat mengalami masalah. Hal ini diketahuinya ketika sejumlah indikator seperti Kawasaki Traction Control (KTRC), Power Mode, dan Quick Shifter berkedip. Dirinya menjelaskan semua fitur tersebut tidak dapat dirubah alias tidak berfungsi.

"Jadi waktu test dyno, motor dipanaskan dulu untuk mencapai suhu ideal. Setelah itu indikator check engine menyala dan fitur seperti KTRC, power mode, dan quick shifter juga kedip-kedip. Engga bisa dirubah alias off semua," ujar Joko Prasetyo kepada OtoRider melalui pesan singkat, Jum'at (28/8).

Kawasaki Ninja ZX-25R Bermasalah

 

Joko pun akhirnya berusaha menelpon dealer Kawasaki SSM Depok dan mendapatkan jawaban bahwa Electronic Control Unit (ECU) harus di-restart ulang. Untuk me-restart ulang ECU disebutkannya harus menggunakan alat khusus bernama KVCS khusus Ninja ZX-25R. Berdasarkan penuturannya, alat ini baru tersedia di Kawasaki SSM Tangerang dan Narogong.

   Baca Juga: KTM Indonesia Resmi Luncurkan 390 Adventure, Harga Rp 100 Jutaan!

"Karena saat itu saya ada agenda test Ninja ZX-25R di Sentul, saya tunda dyno testnya dan langsung ke Sentul. Selama di Sentul, semua fitur engga hidup, check engine masih menyala terus. Karena sebelumnya motor sehat jadi saya abaikan dan berpikir besok baru ke dealer. Tetapi setelah jam 16:00 ternyata semua fitur hidup lagi," ujar Joko menjelaskan.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2020

 

Dirinya menyebutkan, hingga kini semua fitur kembali normal dan dirinya juga belum sempat melakukan restart ECU. Saat ditanyakan perihal modifikasi yang berhubungan dengan komponen kelistrikan, Joko menjelaskan belum melakukan modifikasi. Sementara dyno test yang hendak dilakukannya hanya untuk riset knalpot saja.

   Baca Juga: Petualang Terkecil, Berikut Detail Spesifikasi KTM 390 Adventure

Joko pun mengunggah kisahnya yang bermasalah dengan Kawasaki Ninja ZX-25R di akun Instagram pribadinya di @subangunbantal. Hingga kini pun kejadian tersebut masih menjadi misteri, apa yang menjadi penyebab dan bagaimana fitur dapat kembali normal. OtoRider akan berusaha mencoba mencari keterangan pihak Kawasaki untuk informasi lebih lanjut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.