First Ride: Skuter Listrik NIU NGT

First Ride: Skuter Listrik NIU NGT

Skuter listrik bernama NIU NGT secara diam-diam telah dipasarkan di Indonesia. Dibawah PT Utomo Internasional, skuter ini dijajakan dengan harga Rp 53,5 juta untuk on the road Jakarta. Pihak NIU pun memberikan kesempatan kepada OtoRider untuk mencicipi produknya itu.

Impresi menaiki NIU NGT adalah posisi berkendara yang cukup tinggi untuk sebuah skuter listrik. Terutama bagi pengendara dengan tinggi lebih kurangnya 170 cm, posisi kaki cukup tegak dan jinjit saat keadaan berhenti. Ditambah dengan posisi sadel setinggi 

Impresi menunggangi NIU NGT terasa cukup menjinjit bagi pengendara dengan tinggi badan lebih kurangnya 170 cm. Hal ini dikarenakan bodinya yang cukup lebar, membuat kaki membentang kesamping lebih banyak. Padahal jika diukur tinggi sadelnya, hanya berjarak 600 mm dari tanah.

Panning Skuter Listrik NIU NGT

 

Soal ergonomi, saat berjalan posisi berkendara terasa sedikit jongkok, hal ini dikarenakan dek NIU NGT yang cukup tinggi. Tingginya dek, dapat disebabkan oleh penempatan baterai yang cukup besar di bagian bawah. Ditambah ground clearance skuter ini cukup besar yakni mencapai 180 mm dari tanah.

   Baca Juga: Diam-Diam, Skuter Listrik NIU Mengaspal di Indonesia

Soal suspensinya, NIU NGT memang tidak dapat disebutkan sebagai suspensi terbaik. Ayunan peredam kejut itu terasa sedikit keras, terutama di jalanan tanpa aspal atau jalan rusak. Meski demikian, joknya yang sangat empuk cukup membantu meredam getaran yang tidak dapat diatasi oleh suspensi.

NIU NGT dan NIU N-Lite

 

Mengejutkannya, dengan bodi besar dan bobot yang mencapai 269 kg, NIU NGT terasa mudah dikendalikan. Bahkan skuter listrik ini terasa cukup lincah untuk bermanuver, terutama di jalanan perkotaan. Namun penggunaan ban berdiameter 12 inci yang cukup kecil membuat pengendara harus memperhitungkan kemiringan saat hendak bermanuver.

   Baca Juga: Galeri: Skuter Listrik NIU NGT (21 Foto)

Soal performa motor listriknya, NIU NGT tidak memiliki hentakan yang mengagetkan di kecepatan bawah. Tenaga dari motor listrik benar-benar menjambak ketika di putaran menengah. Hal ini sangat membantu pengendara yang belum terbiasa dengan kekuatan motor listrik.

Ditambah 3 mode berkendara yang disajikan NIU NGT sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Pada mode E-Save, kecepatan skuter dibatasi di 20 km/jam saja. Kemudian di mode Dynamic skuter dapat melaju hingga 50 km/jam dan 80 km/jam pada mode Sport.

Kesimpulan

Skuter listrik NIU NGT menjadi pilihan bagi Anda yang ingin kendaraan berteknologi maju dengan jarak tempuh yang jauh. Secara performa skuter ini mampu mengakomodasi berbagai keperluan pengendaranya. Namun terdapat beberapa material yang terasa kurang berkualitas, seperti behel plastik dan suspensinya yang keras.

Kelebihan

1. 3 Pilihan mode berkendara
2. Jarak tempuh jauh mencapai 110 km
3. Pengendalian lincah

Kekurangan

1. Kualitas behel dan mud guard kurang
2. Suspensi keras
3. Posisi berkendara kurang ergonomis

Berikut Spesifikasi Lengkap NIU NGT:

Dimensi PxLxT: 1.890 x 1.223 x 740 mm
Tinggi Jok: 815 mm
Panjang Jok: 600 mm
Ground Clearance: 180 mm
Wheel Base: 1.325 mm
Berat Motor: 269 kg berat kotor

Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Dual Shockbreaker
Ban Depan: 90/90-12
Ban Belakang: 120/70-12
Rem Depan: 220 mm Three-Piston Hydraulic Disc Brake (CBS)
Rem Belakang: 180 mm Hydraulic Disc Brake (CBS)

Baterai Tipe: 18650 Lithium Batteries
Voltase: 60 V
Kapasitas: 26 Ah*2
Berat Baterai: 11 kg*2
Standard Charging Current: 5 A*2

Motor Brand: Tailored Motor by Bosch GmbH
Rated Power: 3.000 W
30 Max Continuous Output: 3.100 W
Controler: FOC Vector Control
FOC Max Current: 70 A

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id