Berkenalan dengan Papan Pit di Ajang MotoGP, Apa Fungsinya?

Berkenalan dengan Papan Pit di Ajang MotoGP, Apa Fungsinya?
Rabu, 13 Mei 2020 15:00
Thio Pahlevi

Saat jalannya ajang balap MotoGP tentu seringkali terlihat beberapa kru pembalap menunjukkan sebuah papan di dekat garis finish. Umumnya, papan tersebut berisi kombinasi angka dan huruf untuk memberikan informasi pada pembalap yang sedang bertanding.

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari papan pit tersebut serta bagaimana penggunaannya? Apakah terdapat kode tertentu untuk pembalap?

   Baca Juga: Keunggulan Gunakan Helm Flat Visor untuk Harian

Dilansir dari PaddockGP, papan pit memiliki peran penting dalam sebuah ajang balap motor. Papan ini dinilai menjadi sarana komunikasi yang paling dapat diandalkan antara tim dan pembalap. Selain itu, penggunaannya pun tak bisa sembarangan, diperlukan strategi serta ketangkasan.

Awalnya, papan pit ini berfungsi untuk memberitahukan pada pembalap terkait perolehan waktu yang didapat pada lap sebelumnya. Tak hanya itu, sejumlah informasi terkait posisi, jarak, serta strategi mapping mesin motor juga turut diberikan.

Papan Pit MotoGP

 

Lebih lanjut, papan pit ini juga memberikan tanda pada pembalap, misalnya 'PIT OK' yang berarti motor kedua atau cadangan siap digunakan. Kemudian tanda papan bertuliskan 'IN' menandakan terdapat masalah teknis dan meminta pembalap segera kembali ke pit.

   Baca Juga: Cegah Aki Soak, Cukup Lakukan Hal Ini Setiap Hari!

Selain itu, peranti ini juga bisa digunakan ketika tim memberikan informasi terkait pergantian ban yang digunakan. Biasanya hal ini dilakukan ketika terjadi perubahan cuaca saat balapan berlangsung.

Bahkan, papan pit ini juga berguna untuk menyampaikan kode-kode tertentu dari tim untuk pembalap. Seperti halnya yang terjadi pada tim Ducati ketika meminta Jorge Lorenzo untuk memungkinkan Andrea Dovizioso memenangkan balap di Valencia pada 2017 silam.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.