Kawasaki Ninja H2SX Diduga Dapatkan Fitur Adaptive Cruise Control

Kawasaki Ninja H2SX Diduga Dapatkan Fitur Adaptive Cruise Control

Kawasaki sedang mengembangkan motor sport touring terbarunya, yakni H2SX. Kabarnya motor ini akan mendapatkan fitur berteknologi canggih yaitu Adaptive Cruise Control (ACC). Gosip ini keluar setelah bocornya gambaran paten teknologi terbaru Kawasaki beberapa waktu lalu.

Dilansir dari GreatBiker, Kawasaki merupakan bagian dari pengembangan teknologi keselamatan Bosch. Kerjasama ini telah diumumkan pada November tahun lalu dengan tujuan menghadirkan produk dengan sistem keamanan tertinggi pada tahun 2021. Setidaknya terdapat tiga merek lain yang bekerjasama dengan Bosch, yakni KTM, Ducati, dan BMW Motorrad.

Kawasaki Adaptive Cruise Control

Ketiga pabrikan Eropa tersebut secara resmi mulai memasang radar pada kendaraan ujinya. KTM mengirimkan 1260 Super Adventure, Ducati dengan Multistrada V4, BMW dengan R18 Classic. Sementara Kawasaki mengungkapkan paten tersebut pada sepeda motor yang terlihat seperti Ninja H2SX.

   Baca Juga: Generasi Baru Honda CB400SF 4-Silinder Diduga Segera Meluncur

Pada gambar paten, pemasangan radar Adaptive Cruise Control akan berada di bawah fairing dengan angka '60'. Radar ini akan dipasang di belakang air scoop ventilasi udara tengah dengan nomor '35b'. Dengan demikian teknologi tersebut tidak mengganggu asupan udara untuk mesin supercharged Ninja H2SX.

Kawasaki Adaptive Cruise Control

Teknologi ini membuat motor Kawasaki untuk berakselerasi dan mengerem dalam sebuah parameter yang ditentukan sebelumnya. Sayangnya teknologi ini tidak dapat melakukan pengereman darurat. Melainkan hanya memperlambat saja, sehingga pengendara dapat mengontrol waktu untuk mencegah kecelakaan.

   Baca Juga: Kawasaki Buka Pre-Order Ninja ZX-25R, Hanya Rp 5 Juta

Berdasarkan laporan terdapat kemungkinan Kawasaki menggunakan sistem ini pada berbagai model sepeda motornya. Mungkin saja dalam beberapa waktu ke depan teknologi ini akan terpasang pada Kawasaki ZX-10R.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id