Komparasi Spesifikasi All New BeAT Street vs New X-Ride vs NEX II Cross

Komparasi Spesifikasi All New BeAT Street vs New X-Ride vs NEX II Cross

All New Honda BeAT Street telah meluncur di Indonesia beberapa waktu lalu. Sepertinya skutik entry level bergaya petualang ini masih diandalkan oleh sejumlah pabrikan. Oleh karenanya terdapat beberapa pemain di segmen ini, seperti Honda dengan All New Honda BeAT Street, Yamaha dengan X-Ride, dan Suzuki dengan NEX II Cross.

Ketiga motor skutik tersebut memang memiliki gaya yang menyerupai motor petualang. Seperti ban yang sudah menggunakan dual purpose dan handlebar telanjang. Tentunya motor ini tidak diperuntukkan sepenuhnya sebagai motor petualang, akan tetapi lebih kepada konsep dan gaya berkendaranya. 

Jika dibandingkan, seperti apa kelebihan dan kekurangan pada masing-masing motor?

Desain

Secara desain, ketiga motor ini tidak dapat dibahas lebih banyak terutama pada bagian bodi. Karena antara All New Honda BeAT Street, Yamaha New X-Ride, dan Suzuki NEX II Cross memiliki bentuk bodi yang hampir mirip. Hal ini disebabkan karena ketiga motor ini memiliki desain utama yakni skutik di kelas entry level.

Akan tetapi All New Honda BeAT memiliki desain yang paling baru di antara ketiganya. Skutik ini mengusung bahasa desain seperti kakaknya yakni Honda Vario. Terlihat lampunya utamanya yang semakin mengotak di bagian tengah yang telah menggunakan teknologi lampu LED.

   Baca Juga: All New Honda BeAT Series Resmi Meluncur, Harganya Rp 16 Jutaan

Kemudian pada Yamaha New X-Ride tampak sedikit mirip dengan Honda yang menggunakan setang telanjang layaknya sebuah motor petualang sungguhan. Walaupun dibagian kaki atau ban, keduanya masih menggunakan ban aspal biasa, bukan ban pacul atau dual purpose.

Sedangkan pada Suzuki NEX II Cross, tidak ditemukan setang telanjang seperti motor cross sungguhan. Pada bagian setang masih menggunakan cover bodi seperti NEX II varian normal. Namun persoalan ban, hanya Suzuki NEX II Cross yang menggunakan ban dual purpose. Sehingga kaki-kaki NEX II Cross memumpuni untuk disebut sebagai motor petualang.

All New Honda BeAT Street

 

Fitur

Berbicara soal fitur, tentunya ketiganya memiliki perbedaan antara satu sama lain. Memang di kelas entry level, pabrikan tidak banyak memberikan fitur canggih. Fitur-fitur yang dihadirkan biasanya sama seperti kebanyakan skutik di entry level, seperti combi brake, parking brake, dan side stand switch.

Pada Honda BeAT Street, di bagian speedometer telah menggunakan tampilan digital. Tentunya tampilan digital ini membuat motor ini terkesan lebih modern. 
Ditambah lagi hadirnya lampu LED dan Idle Start System (ISS) membuat motor ini semakin canggih.

Sedangkan di Yamaha New X-Ride dan Suzuki NEX II Cross, soal speedometer memang kalah dengan All New Honda BeAT Street. Keduanya belum menggunakan speedometer digital, alias masih analog. Kedua pabrikan ini juga belum memberikan fitur start stop system pada motornya.

Kaki-kaki

Lanjut ke sektor kaki-kaki dan suspensi, sebenarnya ketiganya terlihat mirip dari sektor suspensi. Layaknya sebuah skutik entry level, ketiganya sama-sama menggunakan suspensi teleskopik di bagian depan dan monoshock di bagian belakang. Namun perbedaan terlihat pada masing-masing pelek dan ban.

Pada All New Honda BeAT Street menggunakan pelek palang berukuran 14 inci. Pelek tersebut dibalut ban aspal dengan tapak 80/90 di bagian depan dan 90/90 di bagian belakang.

   Baca Juga: GALERI: All New Honda BeAT Series (21 Foto)

Kemudian pada Yamaha New X-Ride menggunakan pelek palang berukuran 14 inci. Pelek tersebut dibalut ban aspal dengan tapak 80/80 di bagian depan dan 110/70 di bagian belakang.

Sementara pada Suzuki NEX II Cross menggunakan pelek palang berukuran 14 inci. Pelek tersebut dibalut ban dual-purpose dengan tapak 80/80 di bagian depan dan 80/90 di bagian belakang.

Warna baru yamaha x-ride

 

Mesin

Berbicara soal mesin, All New Honda BeAT Street menggunakan mesin paling baru. Kini dapur pacunya berkapasitas 109,5 cc 4 langkah, SOHC, berpendingin udara. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 8,85 dk di 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,01 Nm di 6.500 rpm.

Pada Yamaha New X-Ride menggunakan mesin 4 langkah, SOHC, berpendingin udara dengan kapasitas 125 cc. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 9,5 PS di 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm di 5.500 rpm.

Sedangkan di Suzuki NEX II Cross menggunakan mesin 4 langkah, SOHC, berpendingin duara dengan kapasitas mesin 113 cc. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 9,1 PS di 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm di 6.000 rpm.

Harga

Menyoal harga, ketiganya sebagai motor skutik di entry level tentunya memiliki harga yang cukup kompetitif. All New Honda BeAT Street ditawarkan dengan harga Rp 17.150.000 untuk on-the-road Jakarta. Kemudian Yamaha New X-Ride ditawarkan dengan banderol Rp 18.190.000 untuk on-the-road Jakarta. Lalu Suzuki NEX II Cross dibanderol dengan harga Rp 16.150.000 untuk varian aksesoris dan Rp 15.450.000 untuk varian standarnya.

Suzuki NEX II Cross

 

Kesimpulan

Jika ditarik kesimpulan, ketiga motor ini memang menawarkan kelebihannya masing-masing. Jika mencari tenaga yang besar, di antara ketiganya Yamaha X-Ride lah yang paling unggul karena memiliki mesin 125 cc. Namun jika mencari motor dengan banderol yang murah, Suzuki NEX II Cross lah jawabannya. 

Sedangkan All New Honda BeAT Street menjadi skuter petualang entry level dengan teknologi paling canggih di kelasnya. Fitur yang ditawarkan paling banyak, mulai dari lampu LED, speedometer digital, combi brake, side stand switch, power outlet, bagasi 12 liter, dan idling start system.

Spesifikasi All New Honda BeAT Street

P x L x T: 1.877 x 742 x 1.030 mm 
Wheelbase: 1.256 mm
Ground clearance: 147 mm
Seat height: 740 mm
Berat isi: 89 kg
Tangki BBM: 4,2 Liter

Mesin: 4 langkah, SOHC, eSP
Pendingin: Udara
Kapasitas: 109,5 cc
Bore x stroke: 47 x 63,1 mm
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Tenaga: 8,85 dk/7.500 rpm
Torsi: 9,3 Nm/5.000 rpm
Starter: Elektrik

Rangka: eSAF (enhanced Smart Architecture Frame)
Pelek : Palang
Ban depan : 80/90-14
Ban belakang : 90/90-14
Rem depan : Cakram Hidrolik 
Rem belakang : Tromol
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swingarm monoshock

Spesifikasi Yamaha New X-Ride

P x L x T: 1.860 x 740 x 1.070 mm
Wheelbase: 1.260 mm
Ground clearance: 135 mm
Seat height: 760 mm
Berat isi: 98 kg
Tangki BBM: 4,2 Liter

Mesin: 4 langkah, SOHC
Pendingin: Udara
Kapasitas: 125 cc
Bore x stroke: 52,4 x 57,8 mm
Transmisi: Full Automatic
Tenaga: 9,5 PS/8.000 rpm
Torsi: 9,6 Nm/5.500 rpm
Starter: Elektrik

Rangka: Underbone
Pelek : Palang
Ban depan : 80/80-14
Ban belakang : 100/70-14
Rem depan : Cakram Hidrolik 
Rem belakang : Tromol
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swingarm monoshock

Spesifikasi Suzuki NEX II Cross

P x L x T: 1.890 x 675 x 1.045 mm
Wheelbase: -
Ground clearance: -
Seat height: -
Berat isi: 93 Kg
Tangki BBM: 3,6 Liter

Mesin: 4 langkah SOHC
Pendingin: Udara
Kapasitas: 113 cc
Bore x stroke: -
Transmisi: CVT
Tenaga: 9,1 PS/8.000 rpm
Torsi: 8,5 Nm/6.000 rpm
Starter: Elektrik

Rangka: -
Pelek : Palang
Ban depan : 80/90-14
Ban belakang : 90/90-17
Rem depan : Cakram Hidrolik
Rem belakang : Tromol
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swingarm monoshock

Sumber spesifikasi dari website resmi Astra Honda Motor, Yamaha Indonesia Motor Mfg, dan Suzuki Indomobil Motor

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id