Waspada, Efek Sering Ganti Oli Beda Tipe dan Merek

Waspada, Efek Sering Ganti Oli Beda Tipe dan Merek
Sabtu, 8 Februari 2020 15:00
Thio Pahlevi

Oli mesin menjadi salah satu komponen penting dalam menjaga keawetan bagian dalam mesin. Penggantian oli mesin secara berkala tentunya akan membuat performa serta usia pakai komponen tetap optimal.

Namun, selain kesesuaian spesifikasi oli mesin dengan rekomendasi pabrikan, ternyata tidak disarankan untuk sering berganti tipe atau merek oli. Mengapa demikian? Rialdy Fasha selaku Training and Technical Engineer Motul Indonesia memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Daftar Harga Matik Honda (Februari 2020)

"Kalau terlalu sering pasti pengaruh, rusak. Karena kan tiap oli itu punya aditifnya beda-beda. Lebih baik menggunakan oli yang sama secara terus menerus. Sesekali enggak apa-apa, boleh," kata Rialdy saat ditemui OtoRider di Sentul, Bogor beberapa waktu lalu.

Ganti oli mesin

 

Rialdy menambahkan, oli sendiri memiliki masa penggantian yang berbeda-beda. Sehingga, tiap oli tidak bisa disamakan usia pemakaiannya.

   Baca Juga: Beragam Komunitas Ramaikan Sunmori Bersama Shop&Bike

"Misalnya, oli yang satu bisa ganti di 3.000 km, ketika kita pakai oli yang lain belum tentu 3.000 km juga, bisa saja di 2.000 km," jelasnya.

Lebih lanjut, Rialdy mengungkapkan, sering berganti-ganti oli mesin juga bisa menimbulkan deposit pada mesin. "Selain itu, timbul yang namanya lumpur juga. Itu karena sering bergonta-ganti oli yang berbeda," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.